All About Online

Wajib Diketahui Tentang Penyakit Flu

Salah satu penyakit yang paling rentan dialami semua orang adalah influenza atau flu. Terlebih lagi saat perubahan musim yang ekstrim sangat berpotensi besar terkena serangan flu. Banyak orang pergi ke apotik guna mencari obat flu ampuh. Pasalnya, flu juga mengganggu kenyamanan pernafasan dan membuat kepercayaan diri berkurang.

Resiko Penderita Flu

Ada beberapa resiki penderita flu yang wajib diwaspadai. Flu lebih sering menyerang orang tua lanjut usia dan bayi. Pasalnya sistem imun mereka sangat lemah, terlebih lagi faktor tempat tinggal yang kurang sehat. Misalnya, flu sangat rentan menyerang orang yang bertempat tinggal di panti jompo dan asrama tentara.

Tidak jarang flu juga menyerang penderita kanker, kortikosteroid, hingga HIV/AIDS. Sebab, penyakit-penyakit tersebut cenderung menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Jangan sampai Anda tertular penyakit dari penderita tersebut karena dapat berakibat fatal dan susah diobati.

Flu juga dapat terjadi seiring dengan penyakit lain, alhasil penderita terkena penyakit komplikasi. Bahkan penyakit kronis sekalipun seperti jantung, asma, diabetes dapat komplikasi dengan influenza. Bagi ibu hamil harap waspada karena flu rentan menyerang pada trimester ketiga kehamilan. Flu sangat rentan bagi orang kegemukan yang indeks massa tubuhnya lebih dari 40.

Cara Atasi Flu Kronis

Flu sebenarnya dapat segera sembuh jika ditangani secara sigap dan tepat. Terutama penderita flu sangat disarankan untuk istirahat. Pertanda penyakit flu bertambah parah disertai dengan sakit kepala, mual-mual, muntah, dan badan menjadi lemas.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi air mineral yang banyak saat terkena flu. Pada flu kronis, penderita dapat mengalami muntah-muntah berlebihan.Oleh sebab itu, Anda dapat mengonsumsi domperidone obat mual muntah akut.

Faktanyaa influenza tidak dapat disembuhkan hanya dengan antibiotik. Meskipun kebanyakan orang percaya flu dapat sembuh hanya dengan mengonsumsi ibuprofen dan paracetamo. Jangan sembarangan meminum obat flu jika penyakit bertambah parah, karena berpotensi terjangkit  Reye’s Syndrome.

Hindari memberikan aspirin pada anak berusia dibawah 12 tahun, sebab dapat berdampak berbahaya bagi kesehatan. Anda dapat membantu pengobatan flu dengan menghirup uap panas guna meredakan hidung tersumbat. Selain itu, juga dapat mengencerkan lendir ataupun ingus yang mengental dalam saluran hidung.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai penyakit flu, dimusim dingin Anda perlu berhati-hati terhadap asupan makanan dan kesehatan ya, karena biasanya di musim dingin / penghujan rentan terserang flu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.