3 Tips Sederhana Agar Printer Awet

Tips Merawat Printer – Ada banyak perangkat pendukung komputer , salah satunya yaitu printer. Printer merupakan perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen baik tulisan atau pun gambar. Secara umum ada beberapa jenis printer yang banyak digunakan orang yaitu printer inkjet, laser jet dan printer dot matrik. Masing – masing memiliki karakter, fungsi dan juga cara perawatan yang berbeda – beda.

Tips Merawat Printer

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi kepada pembaca sekalian dan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara merawat printer dengan langkah – langkah yang sederhana, khususnya untuk jenis printer inkjet. Berikut beberapa point yang bisa kita lakukan.

1. Gunakan Printer Sesuai Kemampuannya

Tips pertama ada pada cara kita menggunakan printer. Ketika anda membeli printer, pasti anda memilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap printer pasti memiliki spesifikasi dan kemampuan. Ketika kita menggunakan printer itu diluar batas kemampuannya, tentu saja printer akan menjadi cepat rusak. So, tips merawat printer yang pertama yaitu gunakanlah printer sesuai dengan kemampuannya.

2. Lakukan Head Cleaning dengan benar

Sesekali cobalah untuk melakukan cleaning printer. Hal ini bertujuan untuk melancarkan keluarnya tinta dan membersihkan sumbatan – sumbatan yang ada di mulut semprot. Namun jangan anda lakukan terlalu sering, karena hal ini justru akan membuat cartridge printer cepat panas dan rusak. Jadi lakukan seperlunya saja itu akan lebih baik.

3. Jangan Diamkan Printer Terlalu Lama

Jika anda ingin menyimpan printer anda, dan tidak ingin menggunakannya dalam waktu yang lama. Hendaknya jangan anda membiarkannya terlalu lama, gunakan sesekali untuk mencetak satu atau dua lembar saja. Mengapa demikian ? Untuk jenis printer Inkjet, tinta yang tersisa pada cartridge bisa mengering bila didiamkan dalam waktu lama, sehingga nantinya akan menghambat keluarnya tinta.

Baca juga : Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya

Nah itulah tiga contoh sederhana tips merawat printer yang bisa anda coba dan lakukan pada printer anda. Pastikan anda menggunakan printer dengan benar, lakukan maintenence secara berkala dan jangan diamkan printer dalam waktu yang sangat lama. Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat.

One Response

  1. Liana
    May 19, 2018