Tips Agar Anak Cepat Jalan

Tips Agar Anak Cepat Jalan Berjalan merupakan salah satu tugas perkembangan (kemampuan yang harus dicapai sesuai dengan usianya) anak usia 1 tahun, dengan toleransi 3 bulan kemudian. Namun dengan asupan gizi yang makin berkualitas serta stimulasi yang makin optimal, banyak anak-anak sekarang yang ditemukan usia 9 atau 10 bulan sudah bisa berjalan. Kemampuan berjalan merupakan salah satu kemampuan motorik kasar yaitu gerakan yang dihasilkan oleh koordinasi otot-otot besar.

Tips Agar Anak Cepat Jalan

Hindari baby walker

Kemampuan berjalan merupakan kemampuan yang harus dilatih dengan kesabaran. Penggunaan baby walker sebenarnya hanya akan menghambat perkembangan motorik anak. Baby walker hanya membantu anak bergeser dan berpindah tempat, bukan melatih bayi mengankat kaki, melangkah atau membantunya mengkoordinasi untuk menglangkahkan kaki kanan dan kiri. Maka akan lebih bagus dengan melaihnya kalau tujuannya agar ana segera bisa jalan.

Bertelanjang kaki di tempat yang aman

Tips agar anak cepat jalan yang berikutnya adalah dengan bertelanjang kaki pada tempat yang aman. Sebaiknya ketika melatih dan mengajarinya berjalan, biarkan anak bertelanjang kaki untuk melatih jari-jari agar lebih terkoordinasi. Tetapi perhatikan juga lantainya jangan sampai ada benda tajam yang melukainya, lantai licin juga akan membuatnya terpeleset dan terjatuh yang akan menjadikan bayi trauma. Melatihnya berjalan di kerikil juga bagus untuk merangsang saraf-saraf kaki. Di rerumputan atau tempat yang nyaman sehingga tidak terlalu sakit jika terjatuh. Sehingga bisa menumbuhkan kepercayaan diri dan keberaniannya kembali.

Perhatikan kondisi fisik

Selain karena kurangnya stimulasi, bagi anak usia 14 bulan belum bisa berdiri atau berjalan dengan berpegangan, kemungkinan disebabkan karena kelemahan otot-otot tungkai atau angkle kakinya. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli perkembangan anak untuk lebih mengetahui penyebab serta dilakukan penangannanya. Bagaimanapun keterlambatan pada perkembangan fisik akan menghambat perkembangan lainnya yang sering berdampak pada perkembangan kecerdasannya pula, jadi jangan lama-lama menunggu.

Oleh karena itu disinilah pentingnya peran orangtua untuk memantau dan memperhatikan perkembangan anak tahap demi tahap. Dengan demikian bila ada kelainan dapat segera diketahui dan ditangani secara cepat dan tepat. Itu tadi adalah beberapa tips agar anak cepat jalan, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, terima kasih.