Resep Sup Miso

Resep Sup Miso – Selain minum obat dan istirahat yang cukup, konsumsi sup saat flu ternyata dapat membantu memulihkan kesehatan anda, salah satunya adalah sup ayam. Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Stephen Rennard, peneliti dari University of Nebraska, Amerika Serikat, sup ayam mampu memicu reaksi perlawanan tubuh terhadap flu dan pilek.

Resep Sup Miso

Adapun kombinasi bahan isi sup ayam yang memiliki khasiat menyembuhkan flu, menurut Dr. Stephen, terdiri dari : sayuran yang kaya akan nutrisi seperti bawang, wortel, seledri, dan kentang, yang ditambah dengan potongan daging ayam dan kaldu ayam.

Bahkan, masyarakat Cina sudah sejak lama menggunakan sup ayam sebagai obat untuk menyembuhkan flu dan pilek. Kuah sup ayam yang panas bermanfaat membuka sumbatan hidung mampet, sedangkan bumbu yang terdiri dari jahe, bawang putih, dan bawang merah punya khasiat sebagai antivirus dan antibakteri.

Selain sup ayam, sup miso juga dapat menjadi pilihan bagi anda untuk membuat tubuh anda merasa lebih baik saat flu. Berikut salah satu resep sup miso yang dapat anda coba sendiri di rumah :

Bahan Sup Miso

  • 2 buah bawang Bombay ukuran besar/ sedang, kupas dan cincang
  • 1 sendok teh chili-garlic sauce (sambal bawang putih)
  • 3 siung bawang putih, cacah
  • 400 gram jamur, potong (pilih jamur sesuai selera)
  • 5 gelas kaldu sayur (dapat dibuat dari rebusan sayur-sayuran)
  • 3 gelas air
  • 1 gelas edamame (jika yang anda pilih adalah frozen edamame, maka rendam edamame tersebut selama 15 detik dengan air panas)
  • 1 buah paprika merah, cincang kasar
  • 1 buah paprika kuning, cincang kasar
  • 500 gram tahu putih, potong dadu
  • 6 sendok makan pasta miso atau sesuai selera
  • 1 ikat daun bawang (onclang/loncang), cincang halus

Cara Memasak dan Penyajian

Tumis bawang bombay, bawang putih, sambal bawang putih dan jamur dengan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur dalam wajan di atas kompor diatur ke api kecil menengah sampai bawang bombay terlihat tembus pandang (sekitar 7-8 menit).

Masukkan tumisan bawang dan jamur tersebut ke dalam panci besar yang akan Anda gunakan untuk memasak sup. Tambahkan kaldu sayuran dan air ke panci diikuti dengan edamame, paprika dan tahu, aduk untuk menggabungkan di atas api sedang. Tunggu hingga mendidih.

Kecilkan nyala api dan tunggu suhu sup sedikit menurun, kemudian baru tambahkan miso. Aduk untuk mengintegrasikan miso secara menyeluruh dan akhirnya, tambahkan daun bawang (bawang) sesaat sebelum disajikan

Tips : Menambahkan miso pada akhir proses setelah suhu sup tidak terlalu panas akan menjaga kualitas probiotik makanan fermentasi yang baik untuk tubuh ini.

Baca juga : Resep Sup Jamur Bola Ayam

Satu hal yang perlu anda ingat saat membuat sup, jangan terlalu lama saat merebus sayuran. Karena proses pemanasan yang terlalu lama dapat merusak kandungan vitamin dari sayuran yang anda gunakan. Dan sajikan sup saat masih hangat agar terasa lebih nikmat dan menyegarkan.

Sangat mudah dan menyehatkan bukan? Demikian lah resep sup miso yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, sebuah sup yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan flu dan pilek. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!