All About Online

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memutuskan Mengekspansi Perusahaan

0

Sebagai seorang pengusaha, Anda diharapkan untuk terus melakukan inovasi guna membuat usaha Anda terus berkembang dan makin menuai untung. Persaingan bisnis kian ketat, agar bisnis atau usaha yang Anda jalankan kian maju, Anda harus mulai melakukan strategi tambahan seperti memperluas bisnis yang saat ini dijalankan. Misalnya, apabila usaha Anda adalah penjual pakaian secara online, ada beragam pilihan ekspansi yang bisa dilakukan mulai dari sisi produk, pemasaran, hingga permodalan.

Namun, apabila Anda mencoba melakukan ekspansi baik bisnis yang sudah ada atau bisnis baru, Anda harus paham hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Diperlukan pertimbangan dan rencanakan yang matang. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan melakukan ekspansi untuk bisnis Anda.

Kesiapan Dalam Implementasi Teknologi & Sistem IT

Berbicara ekspansi, berarti akan ada penambahan produk, penambahan kantor cabang, penambahan SDM, dan lain sebagainya. Artinya cost dan operasional akan semakin bertambah. Tanpa adanya suatu strategi efisiensi yang jelas di awal, maka bisnis Anda malah bisa collapse.

Dalam hal efisiensi, implementasi sistem IT menjadi mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi, baik dari sisi hardware, jaringan, ataupun software. Adapun beberapa software yang bisa digunakan untuk menunjang pertumbuhan bisnis adalah software akuntansi, project management software, manufacturing process, CRM software, HR software, atau software ERP custom yang mencakup beberapa software lainnya, tergantung dari bidang usaha dan proses bisnis Anda.

Jika ekspansi yang ingin Anda lakukan adalah area pemasaran, maka penggunaan software bisa jadi salah satu tips jitu yang tak boleh dilewatkan. Kegiatan ekspansi ini ditandai dengan pembukaan kantor cabang secara besar-besaran sehingga integrasi bisnis sangat diperlukan. Hal yang diikhawatirkan jika proses masih dilakukan secara manual data antara cabang satu dengan cabang yang lain ini tidak sinkron sehingga data yang disajikan tidak real time atau data yang sebenarnya.

Memetakan Ukuran Pasar, Segmentasi Produk dan Analisis Peluang

Sebelum mengimplementasikan sesuatu, melakukan segmentasi adalah proses yang tak boleh Anda lewatkan. Setelah Anda menganalisis produk apa yang indin Anda ekspansi, langkah selanjutnya adalah memilih pendekatan terbaik untuk berhasil memecahkannya.

Menentukan ukuran pasar, memetakan potensi pertumbuhannya di masa depan, dan menganalisis persaingan harus menjadi prioritas utama, karena wawasan ini dapat membantu Anda mengukur berapa banyak waktu dan sumber daya yang perlu Anda investasikan untuk mendorong nilai optimal.

Penting juga untuk mengidentifikasi dan memisahkan tantangan pasar yang ada, dan memikirkan bagaimana caranya mengubah itu menjadi peluang. Analisis mendalam semacam itu memungkinkan Anda untuk mengembangkan produk atau layanan yang sangat disesuaikan untuk menjangkau setiap demografi konsumen sasaran, sehingga memaksimalkan peluang pendapatan Anda.

Menambahkan Fitur, Produk dan Layanan Terbaru

Bisnis Anda mungkin sudah memiliki produk dan layanan andalan yang mempunyai konsumen dengan jumlah yang cukup banyak. Namun tidak ada salahnya jika Anda menambahkan produk dan layanan baru yang berbeda dari sebelumnya.

Cara ini bisa ditempuh dengan memberikan bisnis Anda wajah baru dengan beralih kepada lini yang belum pernah dicoba sebelumnya. Ini merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk ekspansi bisnis. Tentu hal ini dapat Anda lakukan tanpa meninggalkan bisnis yang telah ada sebelumnya.

Akan tetapi, untuk mewujudkan hal ini tidaklah sederhana. Dibutuhkan analisis dan riset pasar secara menyeluruh untuk mengetahui produk dan layanan seperti apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Dan jika ini memang hal baru bagi bisnis Anda, maka buatlah perhitungan dan strategi untuk mengetahui apakah bisnis Anda mampu untuk memasarkannya dan akhirnya mendapat laba yang tinggi.

Kerja Sama Saling Menguntungkan

Selain fitur, produk dan juga segmentasi pasar, Anda pelu menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan pihak pasar sebelum akhirnya mengekspansi bisnis. Sebuah kerja sama yang baik akan melakukan identifikasi yang jelas dan menciptakan solusi yang berguna untuk kepentingan keduanya.

Bahkan ketika itu dengan pesaing bisnis Anda sendiri. Gabungkan ide untuk memperluas pasar dengan menciptakan produk terbaru baik untuk pasar yang sama, pasar yang berbeda atau bahkan pasar yang lebih luas.

Penetrasi Digital Marketing

Saat perusahaan Anda mulai berkembang dan ekspansi, artinya Anda harus memastikan penjualan tetap bertumbuh positif untuk mendukung ekspansi tersebut. Ingat, di masa ekspansi dibutuhkan banyak biaya, sehingga penjualan harus tetap lancar.

Bagaimana cara meningkatkan penjualan tanpa menghambur-hamburkan budget pemasaran? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan digital marketing, alias pemasaran online.

Contohnya adalah memastikan website Anda muncul di halaman 1 Google jika ada yang mencari jenis produk atau jasa Anda, karena saat ini hampir semua orang mencari suatu barang lewat Google. Agar bisa ranking di halaman 1, Anda mesti melakukan yang namanya SEO, alias Search Engine Optimization, yaitu teknik tertentu dalam optimasi website supaya naik rankingnya.

Jika Anda tidak memiliki waktu atau SDM untuk melakukan SEO, Anda tinggal cari saja di Google. Misal ketik jasa SEO Jakarta maka nanti akan muncul banyak penyedia jasa SEO profesional yang bisa membantu Anda dalam hal ini.

Itulah sederetan tips jitu sebelum mengekspansi pasar yang Anda miliki. Mengekspansi bisnis bisa dikatakan sebagai salah satu pencapaian karena penjualan yang semakin bisnis. Namun di sisi lain, ekspansi bisnis menjadi tantangan baru untuk seluruh pebisnis. Pertanyaannya adalah apakah Anda siap menjalankan risikonya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.