All About Online

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak – Temulawak itulah salah satu dari sekian banyak tanaman herbal asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Walaupun rasanya pahit namun didalamnya terkandung zat dan enzim yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah ada kurkumin, katagoga, dan juga antioksidan.

manfaat temulawak

Lalu apa saja manfaat dari tanaman herbal yang satu ini? Pada artikel kali ini saya akan sedikit mengupas mengenai beberapa manfaat dari tanaman temulawak untuk kesehatan tubuh kita, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan menjadi pengetahuam baru untuk Anda semuanya, baiklah langsung saja kita mulai!

1. Melawan Penyakit Kanker

Manfaat temulawak yang pertama adalah berkhasiat untuk melawan penyakit kanker, sebuah penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Zat curcumin yang ada dalam temulawak diketahui mampu untuk menghambat berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker hormone lainnya. Bahkan bukan hanya penyakitnya saja, apa yang menjadi penyebab pun bisa dihentikan seperti adanya pertumbuhan pembuluh darah yang bisa memperbesar penyakit kanker.

2. Menjaga Fungsi Hati

Katagoga yang terkandung dalam temulawak disinyalir mampu untuk menghasilkan empedu pada organ hati serta bisa merangsang pengosongan empedu. Selain itu zat kurkuma temulawak juga mampu menurunkan nilai SGOP dan SGPT para orang yang mengalami gangguan hati. SGOP dan SGPT adalah enzim yang ada dalam hati, dimana ketika kedua enzim ini mengalami kenaikan akan bisa menimbulkan kerusakan pada hati.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Seperti disebutkan pada poin nomor 2 bahwa temulawak bisa menghasilkan empedu yang juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Sehingga dengan temulawak ini berbagai gangguan pencernaan bisa diatasi seperti kembung dan dyspepsia.

4. Melancarkan ASI Pada Ibu Menyusui

Manfaat temulawak berikutnya adalah bisa memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui. Zat antioksidan yang terkandung dalam temulawak disinyalir mampu mencegah terjadinya oksidasi nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam proses produksi ASI seperti protein dan asam lemak.

5. Menambah Nafsu Makan

Masih ingat kan efek dari zat kurkuma yang bisa membantu pengosongan lambung yang sudah dibahas diatas? Secara tidak langsung lambung yang kosong tentu akan meningkatkan nafsu makan kita. Sehingga dengan mengkonsumsi temulawak yang mengandung kurkuma akan bisa menambah nafsu makan. Bukan hanya untuk orang dewasa untuk anak-anak pun bisa diberikan, jadi untuk para orangtua yang masih bingung mencari cara mengatasi anak susah makan, cobalah untuk memberi mereka ekstrak atau jamu temulawak supaya nafsu makannya bertambah dan anak tidak akan sulit lagi ketika diajak makan.

6. Menurunkan Kolesterol

Ekstrak temulawak juga sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi cobalah konsumsi ekstrak temulawak secara teratur untuk menormalkannya kembali. Dengan kadar kolesterol yang normal tentu akan berdampak pula bagi kesehatan jantung.

7. Mengurangi Radang Sendi

Zat kurkumin yang ada pada temulawak memiliki kemampuan untuk menghambat sel-sel leuksit di sekitar area persendian yang terkena radang dan bisa juga menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang dinamakan dengan prostaglandin.

8. Meredakan Kelelahan Otot

Untuk Anda yang sering melakukan kerja keras dan sering mengalami pegal linu, cobalah untuk mengkonsumsi ekstrak temulawak. Karena khasiat yang terkandung dalam temulawak dapat meredakan berbagai bentuk kelelahan otot yang sering kita alami seperti encok dan pegal linu.

9. Mengobati Sakit Ginjal

Selain bisa membantu mengatasi penyakit kanker dan kolesterol, ekstrak temulawak juga sangat bermanfaat untuk membantu mengobati penyakit ginjal. Dengan melakukan konsumsi secara rutin dan teratur sakit ginjal yang Anda alami akan bisa terobati.

10. Melancarkan BAB

Serat dan kurkumin dalam temulawak juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar atau BAB. Jika Anda sering mengalami gangguan BAB, mulailah untuk mengkonsumsi ekstrak temulawak secara rutin dan teratur. Jangan pikirkan pahitnya tapi pikirkanlah khasiatnya.

Itu tadi adalah beberapa manfaat dari tanaman herbal bernama temulawak, untuk mengkonsumsinya saat ini sudah banyak sekali alternatif yang bisa kita pilih baik itu dalam bentuk kapsul maupun serbuk. Namun untuk mendapatkan manfaat yang benar-benar alami kita bisa mengkonsumsinya secara tradisional yaitu dengan cara direbus, air rebusan temulawak inilah yang nantinya kita minum.

Semoga pembahasan mengenai manfaat temulawak pada artikel kali ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda semuanya. Mari hidup sehat dengan cara alami!

Leave A Reply

Your email address will not be published.