All About Online

Manfaat Kehadiran Fintech di Indonesia

Hadirnya fintech Indonesia memberikan manfaat bagi berbagai kalangan mulai dari masyarakat hingga negara. Banyak hal yang dilakukan oleh fintech yang dapat memberikan solusi bagi kesulitan yang dialami oleh berbagai lapisan masyarakat selama ini. Proses pembayaran yang tadinya merepotkan dan memakan waktu lama, kini dapat dilakukan di dalam ponsel anda. Financial Technology atau yang biasa disebut dengan fintech adalah layanan berbasis digital yang mulai memberikan perubahan cukup signifikan di negara ini.

Masyarakat

Bagi para pengguna kelas bawah hingga menengah, fintech Indonesia sangat membantu dalam proses pembayaran dan pinjaman peer to peer. Saat ini sedang marak pinjaman kredit tanpa agunan (KTA) yang syaratnya sangat mudah. Hanya dengan mengunggah fotokopi KTP dan KK, anda sudah dapat meminjam uang dan dana akan segera masuk ke rekening anda beberapa jam saja setelah data anda terverifikasi. Selain menghemat waktu dan ongkos, prosesnya juga lebih mudah dan cepat. Layanan ini dapat membantu pelaku UMKM memperoleh modal usaha dengan bunga yang lebih rendah. Masyarakat tidak perlu lagi membawa-bawa uang berkarung-karung dan mengantre lama di sebuah bank untuk setor tunai.

Perusahaan

Bagi perusahaan, layanan fintech Indonesia dapat meringankan beban dalam rangka pembayaran. Mereka dapat menyederhanakan proses transaksi, juga dapat menekan biaya operasional dan modal. Perusahaan tidak perlu lagi membuka banyak cabang dan merekrut banyak karyawan yang menghabiskan banyak dana. Hanya dengan aplikasi yang mudah digunakan, maka proses menjangkau nasabah dan transaksi lainnya dapat dilakukan melalui layar ponsel.

Negara

Layanan fintech Indonesia membantu perputaran uang negara menjadi lebih cepat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kemajuan teknologi dalam bidang keuangan ini sangat jelas dampaknya terhadap negara dan di berbagai lapisan masyarakat. Kebutuhan pinjaman yang tadinya tidak terjangkau, kini dengan mudahnya dapat terlaksana. Daftar fintech yang masuk ke dalam OJK dan Bank Indonesia juga semakin hari semakin bertambah, menandakan Indonesia sudah siap berkembang menyaingi negara-negara lain dalam sektor ekonomi. Perlahan tapi pasti, perekonomian Indonesia meningkat seiring dengan hadirnya fintech.

Penggunaan fintech menjadi pilihan yang disenangi bagi semua orang karena prosesnya yang mudah. Orang tidak lagi harus membawa uang berkarung-karung untuk disetorkan secara tunai ke bank. Birokrasi yang sulit dan berbelit kini sudah teratasi dengan aplikasi. Tentu saja fintech menjadi sangat bermanfaat bagi negara ini dengan segala fitur cerdas dan canggihnya. Namun, sebagai pengguna kita juga harus selalu waspada. Pilihlah fintech yang sudah terdaftar dalam OJK agar transaksi anda aman dan nyaman. Jangan mudah tergiur oleh promosi cicilan dengan bunga rendah, cermati dan teliti regulasi yang digunakan oleh fintech tersebut agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.