Manfaat Daun Kecubung

Manfaat Daun Kecubung – Kebanyakan dari kita mungkin ketika mendengar tanaman kecubung yang langsung terlintas adalah tentang tanaman yang bisa memabukan dan bisa menyebabkan keracunan. Hal tersebut memang tidak salah, karena jika digunakan tidak dengan cara yang benar akan bisa menyebabkan keracunan dan bisa bikin mabuk.

Manfaat Daun Kecubung

Namun tahukah Anda bahwa ternyata di balik paradigma buruk tentang tanaman kecubung ini, ada beberapa manfaat penting yang bisa kita dapatkan dari tanaman kecubung untuk kesehatan, baik itu melalui buah, bunga , daun atau bagian yang lainnya.

Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas secara keseluruhan, namun akan lebih fokus mengenai manfaat daun kecubung untuk kesehatan. Daun kecubung ini bisa kita gunakan sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa penyakit.

Lalu apa saja penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun kecubung ini? Berikut penjelasan selengkapnya :

1. Mengatasi Gatal Pada Kulit

Manfaat daun kecubung yang pertama adalah bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi gatal pada kulit, baik itu yang disebabkan oleh alergi ataupun gigitan serangga. Untuk cara penggunaannya adalah dengan menumbuk beberapa daun kecubung sampai halus.

Lalu tambahkan beberapa tetes minyak kelapa, aduk hingga rata. Sebelum digunakan panaskan terlebih dahulu ramuan tersebut selama kurang lebih 2-5 menit dan tempelkan pada bagian tubuh yang gatal saat masih hangat. Lakukan langkah ini secara rutin 2-3 kali sehari.

2. Mengobati Bisul

Bisul memang akan membuat penderitanya tidak nyaman, apalagi kalau di pantat pasti akan membuat susah untuk duduk, belum lagi rasa nyerinya yang menyiksa. Untuk mengobatinya kita bisa menggunakan ramuan daun kecubung.

Cara pakainya hampir sama seperti saat digunakan untuk mengobati gatal yaitu dengan ditumbuk sampai halus dan ditambah beberapa tetes minyak kelapa, aduk hingga merata sampai menjadi pasta. Oleskan ramuan ini pada bisul dan biarkan sampai mengering, lalu cuci dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari hingga bisul matang dan pecah.

3. Mengobati Bengkak Karena Sakit Gigi

Ketika seseorang mengalami sakit gigi biasanya akan diserta dengan bengkak di pipi. Bengkak ini dapat kita atasi dengan daun kecubung. Selain mengempeskan bengkak karena sakit gigi, bisa juga untuk membantu mengobati sakit gigi nya. Untuk pemakaiannya, anda siapkan dulu daun kecubung, jahe dan bawang merah. Tumbuk ketiga bahan tersebut jadi satu lalu hasilnya anda kompreskan pada bagian yang bengkak.

4. Mengatasi Penyakit Asma

Manfaat daun kecubung berikutnya adalah bisa untuk membantu meredakan sesak nafas akibat penyakit asma. Hal ini karena dalam daun kecubung terkandung zat hipociamin dan skopolamin (alkaloid). Kedua zat aktif tersebut diketahui mampu untuk melebarkan kembali saluran pernafasan yang mengalami penyempitan akibat penyakit asma. Cara pengobatannya adalah dengan merebus daun kecubung dan air rebusannya diminum.

Atau bisa juga dengan cara dibakar. Cara siapkan sekitar 10 lembar daun kecubung dan keringkan beberapa saat dibawah sinar matahari. Lalu gulung daun yang sudah kering menjadi seperti rokok dan bakar sedikit pada bagian ujungnya. Hirup asap yang dihasilkan. Agar tetap aman dan tidak menimbulkan efek ketagihan, disarankan untuk tidak menggunakan lebih dari 2 linting dalam waktu 6 jam.

5. Menyembuhkan Rematik dan Encok

Daun kecubung dapat pula digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati gejala rematik dan encok. Cara cukup siapkan beberapa lembar daun kecubung dan minyak kelapa 10 sendok makan. Iris daun kecubung tersebut sampai lembut dan jemur sampai mengering.

Campukan daun kecubung yang sudah kering dengan minyak kelapa dan diamkan kurang lebih 3 hari, setelah itu ambil dan pisahkan daun kecubungnya lalu remas sampai keluar minyaknya. Minyak inilah yang nanti kita gunakan, sebelum digunakan panaskan terlebih dahulu baru kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri karena rematik.

6. Mengatasi Sembelit

Khasiat daun kecubung berikutnya yaitu bisa untuk mengatasi sembelit. Cara penggunaannya adalah dengan mengolesi 2 lembar daun kecubung pakai minyak kelapa, dan panggang sampai daunnya layu. Untuk kemudian ditempelkan pada bagian bawah perut, lakukan cara ini 2 samapai 3 kali sehari.

7. Mengobati Sakit Pinggang

Selain untuk mengobati rematik dan encok, daun kecubung bisa dipakai pula untuk mengobati sakit pinggang. Cara pengobatannya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun kecubung dan kapur sirih hingga lembut, baru kemudian hasilnya ditempelkan pada pinggang yang sakit.

8. Mengobati Sakit Telinga

Jika anda sedang mengalami sakit atau radang telinga cobalah untuk mengobatinya dengan daun kecubung. Bahan yang perlu disiapkan adalah 10 lembar daun kecubung dan 2 sendok makan minyak kelapa.

Cuci sampai bersih terlebih dahulu daun kecubungnya, kemudian tumbuk sampai halus. Hangatkan minyak kelapa baru kemudian diteteskan pada tumbukan daun kecubung lalu diperas dan disaring. Hasilnya nanti diteteskan pada bagian telinga yang sakit 3 kali sehari.

9. Mengobati Eksim

Hampir sama seperti cara-cara sebelumnya, untuk mengobati eksim ini diperlukan bahan sekitar 3 lembar daun kecubung dan minyak kelapa. Daun kecubung nantinya ditumbuk sampai halus lalu diberi minyak kelapa setelah itu dipanaskan. Dalam kondisi masih hangat, gunakan untuk menggosok bagian kulit yang terkena eksim.

10. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Daun kecubung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, terutama dari masalah ketombe. Cara pemakaiannya cukup menumbuk 3 lembar daun kecubung sampai halus untuk kemudian digosokan pada kulit kepala secara rutin.

Itulah beberapa manfaat daun kecubung yang bisa kita peroleh untuk kesehatan dan pengobatan. Semoga informasi ini bisa memberikan alternatif pengobatan untuk anda yang sedang mengalami beberapa penyakit atau masalah kesehatan seperti disebutkan diatas.

5