Macam-macam Permainan Bola Kecil

Macam-macam Permainan Bola Kecil –¬†Permainan bola kecil adalah suatu permainan olahraga yang memanfaatkan bola kecil sebagai alat permainannya dan biasanya juga menggunakan alat bantu berupa pemukul seperti raket, stick, tongkat atau yang lainnya. Permainan bola kecil ini dapat dimainkan dalam laga tunggal ataupun beregu.

Ada cukup banyak jenis permainan bola saat ini, namun diantaranya banyaknya permainan tersebut taukah Anda mana yang termasuk permainan bola kecil? Pada artikel kali ini setidaknya ada 16 macam permainan bola kecil yang ingin saya bagikan lengkap dengan gambarnya, apa saja itu? Langsung saja disimak pembahasannya berikut ini :

1. Permainan Bulu Tangkis

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Untuk kita orang Indonesia pastinya sudah sangat familiar dengan permainan yang satu ini, karena banyak sekali atlet kita yang mengukir prestasi dalam olahraga bulu tangkis. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu permainan yang menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai bola atau objek pukulnya.

Bulu tangkis ini bisa dimainan secara tunggal maupun beregu dalam sebuah lapangan berbentuk persegi empat dengan net sebagai pembatas di tengah antara daerah permainan sendiri dengan daerah permainan lawan. Untuk memenangkan permainan bulu tangkis ini setiap pemain atau team harus bisa mengumpulkan angka 21 terlebih dahulu. Permainan bulu tangkis umumnya dimainkan dalam 3 set atau 5 set.

2. Permainan Tenis Lapangan

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Tenis lapangan adalah suatu permainan olahraga yang menggunakan bola karet dan raket sebagai alat pemukulnya. Berbeda dengan bulu tangkis, raket yang digunakan dalam permainan tenis lapangan lebih besar dan kuat. Lapangan yang dipakai pun lebih luas, setidaknya ada 4 jenis lapangan yang biasa digunakan dalam permainan tenis lapangan yaitu ada lapangan rumput, tanah liat, keras atau beton dan lapangan karpet.

Pemainan tenis lapangan bisa dimainan secara tunggal maupun beregu. Dan biasanya dimainkan dalam 3 atau 5 set, pemain atau tim yang memperoleh kemenangan 2 set atau 3 set terlebih dahulu itulah pemenangnya. Ketika dalam permainan terjadi kedudukan imbang 40-40 atau dinamakan dengan deuce, untuk meraih kemenangan maka perlu memperoleh 2 poin tambahan lagi.

3. Permainan Tenis Meja atau Pingpong

Permainan Bola Kecil

Tenis meja adalah suatu permainan yang dimainkan oleh perorangan ataupun ganda. Dimana peralatan yang digunakan adalah berupa raket kayu dan bola pingpong. Permainan ini dimainkan diatas meja sebagai lapangannya sehingga dinamakan dengan tenis meja.

4. Permainan Billiard

Jenis Permainan Bola Kecil

Permainan Billiard atau bola sodok adalah permainan yang mengutamakan konsentrasi, bisa dimaiankan secara perorangan maupun team. Permaianan yang satu ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus seperti stick, bola serta mempunyai peraturan tersendiri. Permainan billiard ada 3 jenis yaitu carom, english billiard dan pool.

5. Permainan Kasti

Macam Permainan Bola Kecil

Kasti adalah permainan memukul dan menangkap bola yang dimainkan secara beregu. Masing-masing team nantinya akan bergantian sebagai regu pemukul dan regu penjaga. Kasti ini menggunakan sarana tongkat pemukul dan bolanya menggunakan bola karet atau bola tenis.

6. Permainan Baseball

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Baseball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua team. Masing-masing team nantinya kan bergantian sebagai pemukul dan pelempar bola. Tim yang melempar nantinya akan berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul supaya tim yang memukul berganti menjadi tim yang melempar. Tim pemukul memperoleh angka dengan cara berlari berlawanan arah jarum jam untuk kembali ke home plate setelah menyentuh marka di permukaan lapangan baseball yang dinamakan dengan base.

7. Permainan Softball

Permainan Bola Kecil

Softball merupakan permainan bola beregu yang terdiri atas 2 tim. Permainan softball pertama kali ada yaitu di Amerika Serikat, diciptakan oleh seseorang bernama George Hancock di Chicago pada tahun 1887. Softball sendiri adalah olahraga perkembangan dari permainan sejenis yaitu baseball.

8. Permainan Golf

materi permainan bola kecil

Golf merupakan sebuah permainan yang dilakukan diatas lapangan, baik itu perorangan ataupun beregu. Masing-masing pemain atau tim nantinya akan berusaha memasukan bola ke dalam lubang yang sudah ada dengan jumlah pukulan paling sedikit, jumlah lubang biasanya adalah 9 atau 19 lubang. Alat yang digunakan untuk memukul bola dinamakan klab atau stick golf.

9. Permainan Hockey

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Permainan hockey adalah sebuah permainan yang hampir mirip dengan sepak bola, hanya saja bola yang digunakan lebih kecil dan menggunakan stick atau alat pemukul untuk memainkannya. Permainan hockey ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu yang dimainkan di lapangan (field hockey), di ruangan (indoor hockey) dan ice hockey yang dimainkan diatas lapangan es.

10. Permainan Kriket

Permainan Bola Kecil Kriket

Kriket merupakan sebuah permainan tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 orang. Sarana permainan yang digunakan adalah berupa bat atau alat pemukul dan juga bola. Untuk memenangkan permainan ini maka sebuah tim harus bisa mencetak run (angka) lebih banyak dibanding tim lawan.

11. Permainan Tolak Peluru

Aneka Permainan Bola Kecil

Tolak peluru merupakan salah satu olahraga cabang atletik yang masuk dalam nomor lempar. Atlet tolak peluru dituntut untuk melemparkan bola besi atau peluru sejauh mungkin. Olahraga tolak peluru ini pun saat ini sudah banyak dipertandingkan baik di tingkat nasional maupun internasional dan sudah menjadi materi pelajaran olahraga yang diajarkan di sekolah-sekolah.

12. Permainan Kippers

Permainan Bola Kecil Kippers

Permainan bola kecil selanjutnya adalah kippers, yang jumlah pemainnya adalah 12 orang. Sepintas permainan ini hampir sama dengan permainan kasti. Hanya saja tidak seperti kasti yang terdapat pemain pelempar dan pemukul, dalam permainan kippers pemukul sekaligus sebagai pelempar atau pelambung bola. Dalam permainan kippers ini juga ada aturan yang mengharuskan setiap pemaian untuk berhenti berlari ketika bola telah melewati garis pukulan dari lemparan tim penjaga.

13. Permainan Squash

Macam Permainan Bola Kecil

Squash adalah sebuah permainan yang berasal dari inggris. Dalam permainan ini 2 orang akan saling memukul bola dengan menggunakan raket ke arah dinding atau sisi ruangan yang ada didepannya, dan akan terus seperti itu sampai ada yang tidak bisa mengembalikan bola.

14. Permainan Rounders

Jenis Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil berikutnya yaitu rounders, permainan ini dari segi teknik hampir mirip dengan kasti, yakni ada melempar, menangkap dan memukul bola. Rounders dimainkan oleh 2 regu, dimana masing-masing regu terdiri dari 9 sampai 12 orang. Dalam permainan rounders pemain harus lihai dalam menghindari sentuhan bola. Setelah memukul bola pemain harus lari mengelilingi lapangan, tim yang mampu mengelilingi lapangan lebih banyak itulah yang dinyatakan sebagai pemenang.

15. Permainan Lacrosse

Lacrosse

Lacrosse merupakan olahraga atau permainan bola kecil yang menggunakan tongkat berjaring bernama crosse, panjang dari tongkat ini adalah sekitar 3-4 kaki. Bola yang digunakan umumnya terbuat dari kulit rusa yang di dalamnya berisi bulu.

Olahraga ini dimainan oleh 2 tim dengan masing-masing tim terdiri dari 10 anggota yaitu 1 penjaga gawang, 3 bek atau pemain bertahan, 3 pemain tengah dan 3 penyerang. Dalam satu pertandingan terdiri dari 4 babak, dimana masing-masing babaknya berdurasi 20 menit. Pemenangnya adalah tim yang bisa memasukan lebih banyak bola ke gawang lawannya. Olahraga ini banyak dimainkan di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, Kanada, Australia dan Hongkong.

16. Permainan Gundu atau Kelereng

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil yang terakhir pada artikel ini adalah permainan gundu atau kelereng (bola kecil yang terbuat dari kaca). Saya yakin untuk generasi 90-an pasti pernah memainkan ini, walaupun mungkin sekarang sudah tak setenar dulu dan kalah pamor dengan video game namun permainan tradisional satu ini merupakan permainan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan karena bisa melatih emosi, kemampuan berfikir, motorik, kesabaran dan juga kecermatan.

Demikian tadi adalah macam-macam permainan bola kecil yang ada di dunia saat ini dan sudah banyak dilombakan diberbagai turnamen seperti olimpiade, asian games dan yang lainnya. Semoga pembahasan yang saya sampaikan pada artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan olahraga, terima kasih.