All About Online

List yang Harus Dipersiapkan untuk Pernikahan

Menikah merupakan momen sakral yang sangat berharga dalam kehidupan, maka tidak heran jika dalam acara pernikahan banyak orang yang totalitas dalam mengurus pernikahan. Hal ini wajar, karena dimata banyak orang nikah merupakan momen-momen spesial yang tidak terlupakan. Untuk kelancaran pernikahan, anda harus membuat list yang harus dipersiapkan untuk pernikahan jauh-jauh hari sebelum hari H.

List yang Harus Dipersiapkan untuk Pernikahan

Berikut ini beberapa hal, list yang harus dipersiapkan untuk pernikahan yang harus kamu siapkan jauh-jauh hari ya.

H-11, H-12 Bulan ; Tentukan Tempat Pernikahan & Dekorasinya

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai persiapan pernikahan, pastikan dulu tempat pernikahan kamu nantinya. Apakah kamu akan menikah di gedung (menyewa) atau cukup di rumah, jika anda ingin menikah di rumah, baiknya dibicarakan dengan pasangan, pesta diselenggarakan di calon mempelai laki-laki atau perempuan? Intinya 12 bulan sebelum hari H, kamu harus bisa clear mengenai masalah ini ya guys.

Dan jika kalin berencana untuk menikah dengan menyewa gedung, kalian harus jauh-jauh hari ya, terlebih jika kalian tinggal dikota besar seperti Jakarta misalnya, kamu harus menentukan dan menyewa gedung H-12 bulan, karena gedung pernikahan di kota besar biasanya banyak peminatnya. Jadi jika kalian sudah menemukan gedung yang sesuai, dan masih available, mending DP dulu ya guys daripada keduluan orang lain.

Untuk dekorasi juga sama, kalian harus cepet-cepet dipastikan sebelum orang lain mendahuluinya. Terlebih buat dekorasi yang sudah punya nama, sudah pasti banyak yang peminatnya, maka dari itu jika sudah nemu yang pas, mending buru-buru di pesan, dan di DP ya!

H-9, H-10 Bulan ; Tentukan Baju Pengantin & Baju Seragam Keluarga

Bila tempat dan dekorasinya sudah clear, maka selanjutnya kamu perlu menyiapkan tema baju pengantin, serta baju seragam buat keluarga terdekat ya. Ingin tema yang seperti apa, warna baju, serta motif seragam yang kamu inginkan, bisa disiapkan dibulan ke 9 atau 10 sebelum hari H pernikahan.

H-7, H-8 Bulan ; Pesan Vendor Catering & Jasa Make Up / Rias Pengantin

Supaya pernikahan kamu terkesan buat para tamu undangan, pastikan kamu memilih vendor catering yang memang sudah terkenal enak ya. Untuk vendor catering di kota besar semacam Jakarta, paket pernikahan Jakarta dengan menu yang komplit, perlu dipertimbangan.

Selain vendor catering, jasa make up atau rias penganten juga perlu kamu siapkan jauh-jauh hari ya, takutnya jasa rias pengantin yang anda inginkan sudah ada yang booking duluan.

H-5, H-6 Bulan ; Siapkan Undangan & Foto Prewed (Bila Perlu)

Jika kalian ingin memasukkan foto prewed kedalam undangan, maka kalian bisa melakukan proses foto prewed terlebih dulu ya, sebelum menyiapkan model undangan pernikahan. Namun jika kalian tidak berkenan dengan foto prewed, kalian bisa langsung menyiapkan desain undangan, jumlah tamu undangan yang ingin diundang, serta mencetak undangan.

H-3, H-4 Bulan ; Siapkan Data Administrasi untuk Pernikahan & Souvenir Pernikahan

Untuk kelancaran pas proses akad nikah, kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan menikah. Berkas-berkas seperti ; KTP, pasfoto, Ijazah terakhir, surat pengantar dari Desa, harus sudah ada. Serta pastikan data diri pokok, seperti ; nama, tempat tanggal lahir, nama orang tua, pastikan sudah sesuai.

Selain itu, kalian juga harus menentukan souvenir apa yang akan kalian berikan, kepada para tamu yang hadir dalam acara pernikahan. Jumlah souvenir  pernikahan, samakan saja dengan jumlah tamu undangan utama.

H-1, H-2 Bulan ; Feeting Baju, Cek Ulang List dari Awal, Serta Jaga Kesehatan dan Mental

Satu dua bulan sebelum hari H, pastikan semua hal yang sudah dibicarakan dari awal sudah sesuai dengan rencana. Hal ini penting, mengingat khawatirnya ada yang tidak sesuai. Maka dari itu, ada baiknya cek ulang tempat resepsi, feeting baju pengantin, baju seragam, vendor catering, jasa rias pengantin, list undangan dan souvenirnya, serta data-data administrasi negara, untuk persyaratan pernikahan.

Jika semua hal diatas sudah siap semua, penting juga kamu untuk menyiapkan mental serta menjaga kesehatan ya, jangan sampai di hari H malah kamu kurang fit.

Itu tadi daftar list yang harus dipersiapkan untuk pernikahan, bagi kamu yang sekarang berencana ingin menikah, pastikan list data tersebut sudah kamu siapkan ya, agar momen pernikahan kamu bisa lebih berkesan dan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.