Penyebab & Cara Turunkan Kolesterol

Penyebab dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi – Kolesterol tinggi atau yang dinamakan dengan hiperkolesterolemia merupakan suatu keadaan dimana tingkat kolesterol dalam darah telah melebihi kadar normalnya. Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang hampir sebagian besar dihasilkan di hati dan sebagian lainnya diperoleh dari makanan.

Kolesterol Tinggi

Ketika seseorang mengalami kolesterol tinggi maka akan bisa meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung, oleh karena itu kita harus benar-benar memperhatikan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Kadar kolesterol yang tinggi ini biasanya diindikasikan dengan beberapa gejala seperti terasa sakit pada bagian tangan dan kaki, terasa berat pada bagian pundak, mengalami pusing atau sakit kepala, mudah kehilangan keseimbangan, sulit bernafas, gampang kelelahan, nyeri dada serta sering mengalami kesemutan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Berdasarkan sifatnya, penyebab kolesterol tinggi ada yang dapat dikontrol melalui perubahan gaya hidup, ada pula yang tidak dapat diubah karena memang berasal dari dalam tubuh. Penyebab kolesterol yang bisa Anda kontrol, antara lain adalah :

1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Dalam hal ini terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh (daging, jeroan, susu, kuning telur, mentega, keju) dan lemak trans (gorengan, cookies, keripik). Perhatikan dengan teliti bahan-bahan makanan yang hendak Anda konsumsi, mungkin saja terdapat kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Makanan cepat saji memiliki kadar lemak jahat yang sangat tinggi, karena proses pembuatan yang seadanya dan minyak yang digunakan tidak terjamin tingkat kejenuhannya. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus dan sayuran.

2. Obesitas

Sebagian besar penderita adalah orang dengan badan gemuk bahkan obesitas. Berat badan yang berlebih menjadi salah satu penyebabl terbesar karena di dalam tubuh terjadi penumpukan lemak yang menyebabkan meningkatnya kadar trigliserida dan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein / LDL) yang dapat menurunkan kolesterol baik (High Density Lipoprotein / HDL).Namun perlu untuk diingat, bahwa penyakit ini tidak hanya menyerang orang dengan bobot tubuh yang berlebih, kolesterol juga dapat menyerang orang kurus maupun yang memiliki berat badan normal.

3. Kurang Aktivitas Fisik dan Olahraga

Penyebab yang satu ini juga dapat meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar HDL. Mulailah luangkan waktu untuk berolahraga minimal 20 menit setiap hari di pagi hari sebelum Anda beraktivitas, olah raga dipagi hari dapat membuat Anda sehat dan meningkatkan semangat bekerja.

4. Kebiasaan Merokok

Bukan rahasia lagi jika merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit. Merokok bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi karena kandungan bahan kimia beracun dalam rokok yang disebut “akrolein”. Akrolein bersifat menghentikan HDL dalam mengangkut timbunan lemak ke hati. Timbunan lemak yang tidak terangkut tersebut jika dibiarkan lama kelamaan akan mengakibatkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

5. Penyebab Berupa Kondisi Medis

Seorang penderita hipertensi, diabetes melitus, penyakit hati (liver), penyakit ginjal kornis, dan kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) seringkali memiliki kadar kolesterol tinggi.

Itu tadi adalah beberapa penyebab kolesterol tinggi yang dapat dikontrol melalui perubahan gaya hidup, sedangkan penyebab kolesterol yang tidak dapat diubah umumnya terjadi karena beberapa hal seperti :

  • Riwayat Keluarga dengan Penyakit Jantung atau Stroke di Usia Muda

Seseorang lebih mungkin berpotensi terserang penyakit ini jika memiliki kerabat dekat yang memiliki penyakit jantung koroner (PJK) atau stroke di usia muda.

  • Faktor Genetika

Seseorang yang keluarganya memiliki riwayat kolesterol tinggi lebih besar resikonya untuk terserang penyakit ini.

  • Jenis Kelamin dan Usia

Semakin tua usia seseorang, akan semakin besar kemungkinan terkena aterisklerosis karena kolesterol. Pada pria, penyakit ini lebih banyak dialami ketika mereka sudah berusia 40 tahun, sedangkan pada wanita biasanya terjadi setelah memasuki tahap menopause.

Selain itu, penyebab kolesterol tinggi juga bisa disebabkan karena konsumsi obat-obatan. Beberapa obat tertentu seperti diuretik thiazide, beta-blocker, estrogen, dan kortikosteroid dapat meningkatkan trigliserida dan membuat kadar HDL rendah.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Setiap orang dengan kolesterol tinggi tentu sangat menginginkan kadar yang normal agar dapat menikmati makanan favoritnya. Namun, bagaimana cara menurunkan kadarnya dari dalam tubuh? Sebelum membahas tentang cara menurunkannya, perlu diketahui bahwa kadar yang ideal untuk setiap orang tidaklah sama.

Tidak penderita harus memiliki target yang sama untuk menurunkannya hingga ke batas normal, dimana kadar kolesterol total < 200 mg/dl, kolesterol baik (HDL) > 50 mg/dl, kolesterol jahat (LDL) < 150 mg/dl, dan trigliserida < 150 mg/dl. Hal tersebut tergantung pada beberapa faktor, termasuk riwayat keluarga, penyakit jantung, serta adakah faktor risiko kardiovaskular.

Risiko kardiovaskuler yang dimaksud seperti obesitas, hipertensi, diabetes, dan merokok. Umumnya, jika risiko kardiovaskular dianggap tinggi, kebanyakan dokter akan menargetkan LDL < 70 mg/dl. Jika risiko moderat, target LDL < 130 mg/dl. Sedangkan, jika risiko kardiovaskularnya rendah, target LDL < 160 mg/dl merupakan target yang wajar.

Pola Makan Sehat

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Yang paling utama dan mutlak diperlukan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Hal ini disebabkan karena asal mula penyakit ini rata-rata berasal dari makanan yang memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Cara menurunkan kolesterol dengan pola makan sehat bisa Anda lakukan dengan memilih makanan yang mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) seperti susu rendah lemak, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Hindari lemak trans yang banyak ditemukan pada aneka gorengan. Serta perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Selain berfungsi sebagai antioksidan, buah-buahan dan sayuran kaya akan serat yang bertindak sebagai spons untuk menyerap kolesterol dalam saluran pencernaan.

Menurunkan kolesterol dengan pola makan sehat juga bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi biji-bijian yang meningkatkan kesehatan jantung, seperti roti gandum, oatmeal, pasta gandum, dan beras merah. Di samping itu, dianjurkan makan ikan yang diperkaya dengan asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, makarel, tuna, dan sarden setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Selain harus selektif terhadap jenis makanan yang Anda makan, cara menurunkan kolesterol dengan pola makan sehat juga perlu memperhatikan porsi dari makanan tersebut. Gunakan telapak tangan Anda sebagai pengontrol porsi makan. Satu porsi ikan yang Anda makan harus pas dengan ukuran telapak tangan Anda. Begitu juga dengan porsi makanan lain, entah itu sayuran atau buah-buahan segar.

Menurunkan lemak jahat dengan pola makan sehat perlu didukung gaya hidup sehat. Sebisa mungkin Anda perlu mengurangi stress, berolahraga secara rutin, menurunkan berat badan berlebih, istirahat yang cukup, dan berhenti merokok. Namun, apabila risiko kardiovaskular Anda tinggi, maka terapi dengan obat-obatan penurun kolesterol merupakan cara menurunkan yang cukup efektif (cepat) selain dengan menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda jalani secara rutin dan terkontrol hingga akhirnya Anda memiliki tubuh yang sehat. Pada intinya, Anda hanya perlu memperbaiki pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar lemak jahat dalam tubuh. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan medical check up secara berkala guna mengetahui keberhasilan dari upaya menurunkan kolesterol yang telah Anda lakukan. Salam sehat.

Jagalah kondisi kesehatan tubuh kita dari sekarang sebelum terlambat, karena penyakit bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Dengan menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat sudah cukup untuk menghindari kita dari kolesterol tinggi.

Nah, dengan mengetahui beberapa penyebab dan cara menurunkan kolesterol tinggi, semoga mempermudah Anda dalam menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadarnya agar tetap normal dan kondisi badan menjadi tetap sehat.

One Response

  1. Li Partic
    May 14, 2018