Penyebab Anak Susah Makan

Kebiasaan Yang Membuat Anak Susah Makan Anak yang susah makan memang menjadi masalah yang sering dihadapi oleh para orangtua, sering kali para orangtua dibuat pusing dan harus berusaha keras membujuknya supaya mau makan. Permasalahan ini biasanya muncul ketika anak memasuki usia balita 1 sampai 5 tahun. Pada usia ini memang bagi seorang anak jajan dan permainan lebih menarik perhatian mereka.

Anak Susah Makan

Yang menyebabkan anak susah makan umumnya bukan karena mereka tidak menyukai makanannya, tetapi lebih karena berbagai kebiasaan yang mereka lakukan sudah membuatnya kenyang. Hingga saat waktu makan tiba, mereka akan sulit sekali atau bahkan tidak mau makan. Kalau hal ini dibiarkan tentu akan sangat berbahaya bagi anak, karena akan membuatnya kekurangan nutrisi.

Lalu apa saja sebenarnya berbagai kebiasaan yang bisa menyebabkan anak susah makan? Berikut beberapa diantaranya :

1. Ngemil

Sebenarnya sah-sah saja memberikan cemilan pada anak, asalkan kita bisa memilih mana saja cemilan yang tepat bagi anak. Usahakan untuk tidak memberikan cemilan dengan kandungan padat kalori sesaat sebelum waktu makan tiba, karena hal ini akan membuatnya kenyang dan menghilangkan nafsu makannya.

2. Kebanyakan Minum Susu

Perlu diketahui para orangtua, bahwa susu ini mengandung banyak kalori. Sehingga ketika kita memberinya susu terlalu banyak apalagi jika punya kebiasaan minum susu sebelum makan tentu hal ini bisa membunuh nafsu makannya.

3. Waktu Makan Tidak Tetap

Kesalahan yang sering dilakukan orangtua masalah makan anak adalah mereka tidak bisa mengatur waktu makan anak secara konsisten. Padahal ketika jam makannya diatur secara teratur akan bisa membuat siklus rasa lapr-kenyang menjadi lebih selaras.

4. Tidak Mengatur Makanan Dengan Benar

Ada 3 jenis makanan utama dan dua makanan ringan untuk anak dalam sehari. Jadi saat anda sudah memberinya makanan ringan seperti buah-buahan atau roti. Kita berikan ia waktu terlebih dahulu beberapa saat untuk mencerna makanannya dan biarkan sampai ia merasa lapar lagi, dengan minimal jeda makan sekitar 3 jam.

5. Membiarkan Saat Anak Pilih-pilih Makanan

Seringkali ketika anak tidak mau makan sayur, buah atau bahan makanan lainnya orang tua beranggapan bahwa memang anak tidak menyukai makanan tersebut, jadi ketika anak hanya makan makan makanan yang disukainya saja atau pilih-pilih makanan, orangtua membiarkannya.

Padahal hal seperti ini adalah wajar terjadi pada anak-anak terutama saat memasuki usia 2 tahun, dimana pada usia ini biasanya anak akan mengalami penurunan nafsu makan. Lalu bagaimana cara untuk menghadapi kondisi tersebut?

Dalam hal ini sebenarnya dibutuhkan siasat dan kekreatifan orangtua dalam menghadapinya, misal dengan menjadikan saat makan sebagai saat yang menyenangkan. Dengan menemaninya makan pun bisa juga menjadikan anak mau makan makanan yang disajikan.

6. Memberikan Terlalu Banyak Pilihan Makanan

Memberikan anak pilihan makanan sebenarnya baik dan sah-sah saja, karena hal ini akan menjadikan anak merasa dilibatkan dan dihargai. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sepenuhnya memberikan kebebasan pada anak untuk memilih, karena hal ini bisa membuat repot dimana biasanya anak akan menjadi terlalu lama dalam memilih makanan.

Sehingga perlu dilakukan pembatasan dalam pilihan makanan, serta merencanakan menu yang berbeda-beda dalam rentang waktu tertentu, agar anak tidak hanya memilih makanan yang itu-itu saja atau yang hanya dia sukai.

Dengan mengetahui beberapa kebiasaan yang bisa membuat anak sulit diajak makan, maka secara tidak langsung anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi anak susah makan yang tepat, tanpa perlu memaksa atau memarahi mereka. Tentunya adalah dengan merubah berbagai kebiasaan-kebiasaan diatas.

9