All About Online

Jenis Masker yang Bisa Menangkal Berbagai Virus

Tahun 2020 menjadi tahun yang sangat berat bagi kesehatan manusia di muka Bumi, bagaimana tidak hampir seluruh negara yang ada di muka bumi ini terinveksi virus covid-19. Tidak sedikit negara-negara menerapkan lockdown ataupun pembatasan wilayah, untuk mencegah virus covid-19 merebak kemana-mana. Selain itu, WHO selaku badan tertinggi seputar kesehatan, menyarankan masyarakat untuk memakai masker dalam aktifitas keseharian.

Selain menerapkan lockdown, dan memakai masker. Masyarakat juga di himbau untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan kebiasan yang sehat lainnya.

Kita juga diharapkan selalu menerapkan social distancing, berpikir positif dan rajin berolahraga, juga menjadi salah satu anjuran untuk mencegah virus covid-19. Semua cara tadi tentu tidak menjamin 100% anda tidak tertular virus covid-19, akan tetapi setidaknya Anda bisa meminimalisir penyebaran covid-19.

Berbicara mengenai masker, sekarang ini ada banyak jenis masker yang beredar dipasaran, masker apa sajakah itu? mari disimak pada penjelasan berikut ini.

Jenis Masker yang Bisa Menangkal Berbagai Virus

Ada beberapa jenis masker yang sekarang beredar di pasaran, yang mungkin perlu kalian ketahui bersama. Berikut rinciannya.

1. Masker Kain

Berbicara masker kain /sejenisnya, ada beberapa jenis masker kain yang ada dipasaran Indonesia. Mulai dari yang berbahan scuba, buff, katun, dan beberapa yang lain. Namun khusus masker scuba dan buff sangat tidak di anjurkan dipakai, sebab kemampuannya dalam menangkal virus sangat rendah.

Masker kain yang disarankan oleh WHO ataupun pemerintah Indonesia, ialah masker kain yang mempunyai 3 lapisan utama. Dimana 3 lapisan tersebut mempunyai peran masing-masing.

masker kain

Masker kain 3 lapisan mempunyai fungsi; lapisan dalam yang dapat menyerap, lapisan bagian tengah yang dapat menyaring, serta lapisan bagian luar yang sebaiknya berbahan poliester. Masker kain akan menjebak droplet yang dilepaskan saat orang yang memakai masker bersin, batuk, atau berbicara.

Masker kain dengan bahan 3 lapis, selain dapat mengurangi penyebaran virus, juga mudah dibeli atau dibuat sendiri. Selain itu masker kain juga bisa di cuci kembali, sehingga bisa mengurangi sampah jika dibandingkan menggunakan masker jenis lainnya.

2. Masker Bedah

Selain masker kain, masker bedah juga menjadi rekomendasi para ahli medis. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menangkal droplet virus cukup baik, serta menjadi masker yang paling mudah ditemui di pasaran.

masker bedah

Masker bedah ini sayangnya hanya boleh digunakan untuk sekali pemakaian, sehingga jika anda menggunakan masker ini, siap-siap stok yang banyak ya. Kalian bisa membelinya di marketplace seperti blibli.com untuk membeli masker untuk melindungi anda dari serangan virus.

3. Masker N95

Masker N95 dapat menyaring partikel besar dan kecil. Sesuai dengan namanya, masker ini dirancang untuk memblokir 95% partikel yang sangat kecil. Sekarang ini ada beberapa masker N95 yang sudah memiliki katup, sehingga pengguna lebih mudah bernapas.

Masker N95

Masker N95 ini ialah masker sekali pakai, yang penggunaannya hanya diperuntukan bagi petugas kesehatan dan petugas medis.

4. Masker Facepiece Respirator

Masker ini umunya di pakai oleh para pekerja yang memiliki risiko tinggi terkena atau terpapar gas-gas yang berbahaya. Meskipun mempunyai kemampuang yang baik dalam memfilter partikel-partikel kecil, namun masker ini jarang anda temui di pasaran, dan hanya digunakan di bagian-bagian tertentu dalam dunia industri.

Masker Facepiece Respirator

Namun dengan berbagai pertimbangan, untuk masker tipe N95 dan Facepiece respirator  ini, sebagian kalangan seperti CDC Amerika Serikat tidak menyarkan digunakan untuk masyarakat umum. Sebab mempunyai beberapa pertimbangan, dan disarankan hanya untuk digunakan kalangan tertentu.

Demikian penjelasan singkat dari kami, mudah-mudahan memberi tambahan pengetahun buat pembaca semua. Semoga kita semua terhindar dara wabah ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.