All About Online

Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar di kelas, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan oleh seorang guru. Karena seiring perkembangan waktu, siswa sudah mulai kritis dan sudah berorientasi pada pembelajaran kontekstual, yaitu kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Maka guru harus dapat memilih jenis-jenis media pembelajaran yang tepat untuk siswa.

Untuk menyampaikan penjelasan pembelajarannya  kepada siswa, biasanya guru menggunakan media / alat bantu mengajar. Jenisnya bisa beragam, ada yang  berupa gambar, role model, benda, alat-alat, atau media lainnya yang dapat memberikan pengalaman nyata, meningkatkan minat belajar, serta mempertinggi potensi daya serap belajar siswa. Alat bantu Inilah yang dinamakan dengan media pembelajaran. Pemilihan media belajar harus disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Maka dari itu, berikut ini akan disampaikan jenis-jenis media pembelajaran, sehingga bisa dijadikan rujukan untuk menentukan media manakah yang sesuai untuk pembelajaran siswa di suatu satuan pendidikan

Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Contohnya

  1. Menurut Djamarah

Menurut pakar pendidikan ini, media pembelajaran terdiri dari media auditif, media visual, dan media audio visual

  1. Menurut Sadiman.

Menurut pakar pendidikan Sadiman, media pembelajaran terdiri dari : media grafis, media audio, dan media proyeksi diam,

  1. Menurut Heinich Media Cetak/ Teks

Ahli pendidikan Heinich membedakan media pembelajaran yang terdiri dari : media pameran/display, media audio, Gambar bergerak/motion pictures, multimedia, dan Media berbasis web atau internet

Baca Juga : Apa Itu ASMR dan Contohnya

  1. Menurut Rudy Bretz

Ahli pendidikan ini, mengelompokkan media pembelajaran yaitu : media audio, media cetak, media visual diam, media visual gerak, media audio semi gerak, media visual semi gerak, media audio visual diam, media audio visual gerak

  1. Menurut Kemp dan Dayton dalam Kemendikbud.

Pendapat Kemp dan Dayton yang terdapat dalam kemendikbud, menyatakan media pembelajaran terdiri dari : media cetak, media yang dipamerkan (displayed media), Overhead transparency (OHP), rekaman suara, slide suara dan film strip, presentasi multi gambar, Video dan film, serta Pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction)

  1. Menurut Anderson

Anderson berpendapat, bahwa media pelajaran merupakan: media audio, media cetak, media audio-cetak,media proyeksi visual diam, media proyeksi audio visual diam, media visual gerak, media audio visual gerak, media objek fisik, media manusia dan lingkungan, dan media komputer (CAI)

Baca Juga : Apa Itu NPSN dan NISN, Apa Perbedaannya

  1. Menurut Henrich, dkk

Media pembelajaran terdiri dari media yang Media yang tidak diproyeksikan, media yang diproyeksikan, media audio, media video, media berbasis komputer, dan multi media kit.

  1. Menurut Azhar Arsyad

Menurut Azhar Arsyad, media pembelajaran terdiri dari media tradisional dan media teknologi mutakhir

  1. Menurut Leshin et al (1992)

Berbeda lagi menurut Leshin et al, media pembelajaran terdiri dari Media berbasis manusia, Media berbasis cetak, Media berbasis visual, Media berbasis audio-visual, dan  Media berbasis komputer.

  1. Menurut Syaiful Bahri Djamaroh dan S. Aswan Zain.

Syaiful Bahri Djamaroh dan S. Aswan Zain menyampaikan pendapatnya tentang media pembelajaran, yaitu : Jika dilihat dari jenisnya, media yang tergolong di sini adalah media auditif, media visual, dan audio visual. Jika dilihat dari daya liputnya, Syaiful Bahri Djamaroh dan S. Aswan Zain mengelompokkan  media sebagai :  media dengan daya liput yang luas dan serentak, media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat, dan media untuk pengajaran individual.  Sementara dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi dalam : media sederhana dan media kompleks

Begitu banyak pendapat para ahli yang dapat diambil mengenai jenis-jenis media pembelajaran. Dari pendapat-pendapat tersebut, dapat ditarik kesimpulan, bahwa jenis-jenis media pembelajaran adalah :

  1. Media Audio , adalah media yang berhubungan dengan indra dengar. contohnya : Kaset audio, siaran radio, CD, telepon.
  2. Media Cetak,adalah media yang berhubungan dengan media bacaan. contohnya buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar.
  3. Media Audio-cetak , adalah media yang menjadi media bacaan sekaligus CD atau media dengar. Biasanya media ini digunakan dalam pembelajaran bahasa. contohnya kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis.
  4. Media Proyeksi visual diam, adalah media pembelajaran yang melibatkan media proyeksi berisi informasi bacaan yang ditayangkan di layar proyektor. Misalnya : Overhead transparansi (OHT), film bingkai (slide)
  5. Media Proyeksi audio visual diam , merupakan penggabungan media yang bisa dilihat, disisipi suara dan tampil di layar proyeksi. Semisal adalah : film bingkai slide bersuara.
  6. Media Visual gerak, adalah media yang melibatkan indra penglihatan dan tayangan bergerak. contohnya : film bisu.
  7. Media Audio visual gerak , contohnya : film gerak bersuara, Video/VCD, Televisi.
  8. Media Objek fisik , yaitu berupa : Benda nyata, model, dan spesimen.
  9. Media Manusia dan lingkungan , contohnya adalah guru, pustakawan, atau laboran.
  10. Komputer (CAI)

Baca Juga : Belajar Bahasa Inggris Percakapan Sehari-hari dan Artinya

Semua media di atas, memang terdengar berbeda-beda istilahnya antara satu dengan yang lainnya, namun mengandung pengertian dan maksud yang sama. Maka dari itu jangan ragu untuk memilih jenis-jenis media pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran siswa di sekolah anda. Pastikan jenis pembelajaran yang dipilih yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sekaligus menambah pemahaman siswa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.