Gejala Tekanan Darah Tinggi

Gejala tekanan darah tinggi terkadang tidak muncul, namun demikian ada juga yang merasakan seperti sering pusing dan tegang di kepala bagian belakang. Apakah benar demikian? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bahasan singkat kali ini yaitu mengenal gejala atau tanda – tanda tekanan darah tinggi.

Gejala tekanan darah tinggi

Sudah tahukah anda, apa itu hipertensi? Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan dinding pada pembuluh darah seseorang lebih tinggi dari tekanan darah normal. Lalu berapa tekanan darah normal untuk orang dewasa?

Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan, tekanan darah orang dewasa normal yang sehat antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Dimana angka 90 dan 120 merupakan tekanan sistolik atau tekanan darah saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan angka 60 dan 80 merupakan tekanan diastolic, yaitu tekanan dimana jantung berhenti diantara dua waktu pompaan.

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini gejala atau tanda yang umum dirasakan pada orang yang mengidap gangguan kesehatan tekanan darah tinggi. Namun tanda-tanda ini bukanlah mutlak karena ada juga orang yang tidak merasakan tanda-tanda apapun, padahal tekanan darah saat diukur menunjukan tidak normal atau tinggi.

1. Cepat Lelah

Orang yang mengalami tekanan darah tinggi cenderung akan cepat lelah karena jantung bekerja cukup keras dalam memompa darah. Sama halnya apabila anda sedang berolahraga. Tubuh merasa lelah karena jantung bekerja lebih keras dari biasanya.

2. Pusing

Ada banyak pusing yang dirasakan orang dengan gangguan tekanan darah tinggi. Umumnya pusing berputar, kadang kaku di leher bagian belakang, sakit kepala dan juga nyeri di sebagian kepala.

3. Sering Kesemutan

Tidak banyak yang tahu kalau kesemutan bisa juga merupakan tanda atau gejala tekanan darah tinggi. Namun memang belum 100% benar karena penyakit lain juga menimbulkan tanda-tanda yang sama.

Cek Tekanan Darah

Daripada kita pusing memikirkan tanda-tanda atau gejala tekanan darah tinggi pada diri kita, lebih baik dan lebih pasti lagi apabila kita mengukur tekanan darah untuk membuktikan kebenarannya.

Untuk mengukur tekanan darah dibutuhkan alat yang dinamakan tensimeter. Anda bisa pergi ke dokter sekaligus berkonsultasi tentang kondisi tekanan darah anda. Atau anda bisa juga membeli alat pengukur tekanan darah untuk kebutuhan pribadi agar anda tidak perlu ke dokter saat ingin mengecek tekanan darah.

Anda tidak perlu khawatir, cara menggunakan tensimeter untuk mengukur tekanan darah tidaklah sulit. Hanya butuh sedikit belajar dan latihan saja. Meskipun tekanan darah tidak selalu menimbulkan tanda atau gejala, namun tindakan waspada itu akan lebih baik.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang gejala tekanan darah tinggi yang perlu anda ketahui. Semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menjadikan kita selalu waspada akan bahaya hipertensi.

2