All About Online

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Kolesterol dikenal sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit dan merusak kesehatan. Namun sebenarnya tubuh kita memerlukan kolesterol juga untuk bermetabolisme. Adapaun cara menurunkan kolesterol secara alami bisa kita lakukan sendiri lho. Kolesterol atau juga disebut lemak memiliki dua jenis yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol baik dimanfaatkan tubuh untuk diproses menjadi energi. Kolesterol jahat adalah kolesterol yang tidak dibutuhkan tubuh dan mengendap di dalam pembuluh darah atau lapisan sel pada tubuh.

Kadar kolesterol yang berlebihan pada tubuh juga tidak baik. Jika berlebihan, kolesterol akan menumpuk dan mengendap di dalam pembuluh darah. Semakin banyak kolesterol yang mengendap akan mempersempit pembuluh darah atau bahkan menutupnya sehingga aliran darah menjadi terhambat dan sel yang tidak mendapatkan suplai darah akan mati.

Penyumbatan oleh kolesterol ini akan membahayakan nayawa tergantung tempat dimana dia menyumbat. Apabila di kepala maka akan terjadi stroke, di jantung akan terjadi serangan jantung, dan di tempat lain yan gjuga akan mengganggu fungsi organ. Maka dari itu, sangat penting memantau dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Asupan Vitamin B3

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama, adalah dengan vitamin B3. Vitamin B3 mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah baik itu LDL atau lemak jahat serta trigliserida (lemak yang mengancam kesehatan). Vitamin B3 meningkatkan kemampuan niasin dalam tubuh untuk memproduksi HDL atau kolesterol baik. Namun konsumsi B3 yang berlebihan juga tidak baik dan menyebabkan asam urat atau masalah pada hati. Selain itu konsumsi vitamin B3 berlebihan juga dapat meningkatkan gula darah, sehingga tidak disarankan untuk penderita diabetes. Konsumsi vitamin B3 ini perlu pengawasan dan anjuran dari tenaga medis yang harus disesuaikan dengan kondisi tubuh konsumen terlebih dahulu.

  1. Diet Serat

Perbanyaklah konsumsi makanan yang tinggi serat. Cara menurunkan kolesterol secara lami selanjutnya adalah dengan konsumsi banyak serat. Serat meningkatkan kerja saluran pencernaan sehingga lebih sehat serta menyerap tumpukan lemak dan membawanya keluar. Golongan serat yang bisa Anda konsumsi sehari hari yaitu buah buahan, sayuran dan kacang kacangan. Untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi yaitu lebih dari 200 mg/l disarankan untuk mengkonsumsi 25 gram sampai dengan 35 gram serat per harinya. Namun karena banyaknya kegiatan, kemungkinan konsumsi serat untuk tubuh tidak bisa terpenuhi. Penelitian mengatakan kebanyakan orang dewasa mengkonsumsi serat sekitar 12 gram per harinya.

  1. Olahraga

Cara menurunkan kolesterol secara alami selanjutnya adalah dengan olahraga. Olahraga merupakan aktivitas pembakar lemak yang sangat efektif. Tentu dengan terus bergerak, lemak akan dipecah menjadi energi dan tidak ada yang tersisa dan menumpuk lagi. Aktivitas olahraga ini juga menyehatkan bagi tubuh secara keseluruhan, baik untuk jantung dan kerja organ tubuh lainnya. Olahraga meningkatkan HDL dan mengurangi resiko kematian akibat penyakit kronik. Namun olahraga memang paling malas dilakukan oleh kebanyakan orang. Dengan manfaat dan kesehatan sebagai efeknya, olahraga harus tetap dilakukan minimal selama 30 menit per hari secara rutin untuk tubuh sehat dan bugar.

  1. Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak artinya membatasi atau mengurangi asupan lemak oleh tubuh dengan cara membatasi konsumsi makanan berminyak atau berlemak. Lemak mengakibatkan kegemukan sebagai tanda penumpukan lemak dan kadar lemak berlebih dalam tubuh. Hindari makanan berlemak seperti gorengan. Gantilah dengan makanan alami seperti sayuran, protein, dan buah buahan. Diet rendah lemak dapat menurunkan kolesterol hingga 20 % dan juga menurunkan resiko terkena penyakit vaskuler dan penyakit kronik lainnya, misalnya penyakit jantung atau stroke. Makanan yang digoreng dengan minyak memang selalu lebih gurih dan enak, namun kadar lemaknya sangat tinggi sehingga tidak baik untuk tubuh. Untuk apa makanan enak tapi beresiko menimbulkan penyakit? Untuk hidup yang bahagia, hiduplah dengan sehat dan jaga tubuh Anda dengan makanan maknan sehat.

  1. Diet Oatmeal

Oatmeal atau gandum memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh. Salah satunya adalah tinggi serat. Serat gandum berfungsi menyehatkan saluran pencernaan. Serat menyerap kolesterol jahat lebih banyak sampai dibawa keluar tubuh melalui feses. Selain itu gandum juga bersifat mengembang, sehingga dapat menahan lapar lebih lama dan membuta perut tetap kenyang. Gandum juga baik untuk alternatif diet Anda. Dengan begitu, berat badan berlebih Anda akan turun, tubuh sehat terhindar dari kolesterol jahat, dan pencernaan Anda baik.

Cara konsumsi gandum ini sangat sederhana. Anda bisa mendapatkan gandum yang sudah dikemas dan beredar dipasaran. Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas, lalu tambahkan susu, atau buah buahan.

  1. Pola Hidup Sehat

Terapkan pola hidup sehat sekarang juga sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami. Ketidakseimbangan merupakan faktor resiko terjadinya berbagai macam penyakit. Termasuk jika kadar dalam tubuh tidak seimbang seperti kadar kolesterol berlebihan. Konsumsilah lebih banyak buah buahan segar dan sayuran hijau, kurangi gula, banyak ativitas olahraga, hindari stres, tidur teratur, dan hindari kebiasan buruk seperti merokok, makan makanan junkfood, hindari alkohol, batasi kafein, dan sebagainya. Pola hidup sehat membuat tubuh dan pikiran Anda lebih fresh, lebih sehat, dan lebih bahagia. Selain itu juga terhindar dari berbagai macam resiko penyakit kronis.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat sangat dibutuhkan untuk tubuh. Namun istirahat tidur yang berlebihan juga tidak baik untuk kinerja tubuh. Menurut penelitian, tidur kurang dari 6 jam per hari dapat menurunkan kolesterol berlebih. Sedangkan tidur lebih dari 30 menit per hari mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu istirahat tidur juga harus sesuai agar tubuh kembali segar dan tidak berdampak buruk. Kesimpulannya tidur yang baik adalah selama 8 jam per hari. Jam tidur tersebut sudah termasuk tidur malam dan tidur siang.

Baca Juga : Cara Alami Mengecilkan Perut dengan Mudah

  1. Minum Banyak Air Putih

Air putih adalah komponen wajib dalam tubuh yang harus terpenuhi. Apabila tidak, maka konsistensi darah dalam tubuh juga akan berubah dan keseimbangan dalam tubuh menjadi terganggu. Minumlah air putih dan bukan air pada kemasan yang mengandung perasa buatan atau pengawet. Konsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Imbangi pemenuhan air putih lebih disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.

9. Perbanyak Makan Buah-Buahan

Ada banyak sekali buah yang bisa anda manfaatkan untuk cara menurunkan kolesterol secara alami, salah satunya ialah buah apel. Buah ini menjadi buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena mengandung pektin (terutama bagian kulitnya), yaitu serat larut air yang dapat turunkan kolesterol dalam tubuh. Jenis serat ini bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, lalu dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Selain buah apel, anda juga bisa menkonsumsi ; buah alpukat, pir, pepaya, anggur, jambu biji, dan buah kiwi.

Cara menurunkan kolesterol secara alami seperti diatas sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang. Pada intinya pola hidup sehat adalah hal utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jika Anda mampu menjaga kesehatan tubuh dengan cara diatas, maka dapat terhindar dari resiko timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol. Penyakit yang paling sering timbul adalah penyumbatan pada pembuluh darah vena atau arteri. Penyumbatan akibat pecahan kolesterol jahat ini bisa terjadi dimana mana dan menghambat aliran darah pada organ tersebut. Apabila sumbatan terjadi di jantung makan dapat mengakibatkan serangan jantung, apabila sumbatan terjadi di otak akan menyebabkan stroke, dan bila terjadi di organ lainnya akan menyebabkan kerusakan fungsi organ tersebut. Jagalah tubuh Anda dengan aktivitas dan makanan yang sehat sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Leave A Reply

Your email address will not be published.