Cara Mengobati Sakit Gigi

Untuk anda yang sedang sakit gigi mungkin informasi cara mengobati sakit gigi ini bisa menjadi solusi yang bisa dicoba. Tidak bisa dipungkiri memang kalau sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang membuat si penderitanya jengkel dan merasa sangat tersiksa, rasa sakit gigi yang berdenyut-denyut dapat pula menyebabkan sakit tambahan pada bagian tubuh lain, misalnya sakit kepala dan demam.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Rasa sakit gigi yang timbul memang tidak terlalu lama biasanya cuma beberapa jam tapi setelah selang beberapa jam lagi akan kambuh lagi dan hal ini sangat membuat si penderitanya frustasi dan tidak bisa konsentrasi dalam beraktifitas.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Para ahli menyebutkan, hampir 80% orang yang menderita sakit gigi sangat tidak suka dengan suara yang bising, contohnya suara knalpot yang keras dan ini bisa memicu si penderita akan lebih cepat marah karena mendapati gangguan suara ketika dia sedang sakit gigi.

Selain itu sakit gigi juga membuat kita susah dan malas untuk mengerjakan sesuatu apalagi ketika sedang makan, untuk mencegah semua ini anda perlu untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi secara alami.

Sebelum ke pembahasan cara mengobati sakit gigi ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab yang dapat menimbulkan rasa sakit di gigi, diantaranya yaitu gusi yang terinfeksi, gigi berlubang, patah gigi, panas dalam dan lainnya.

Untuk cara pengobatannya anda bisa coba menggunakan beberapa bahan alami dan metode pengobatan tradisional berikut ini, yang terbukti aman & ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi :

1. Cabai Rawit

Buah yang mempunyai rasa pedas ini memang belum terkenal sebagai obat untuk meredakan sakit gigi, tapi perlu anda ketahui cabai rawit adalah salah satu buah yang ampuh dalam mengobati sakit gigi, karena dalam cabai rawit mempunyai kandungan senyawa capsaicin yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri.

Untuk caranya sendiri yakni rendamlah cabe rawit secukupnya kedalam air panas lalu celupkan kapas dan kapas tersebut kamu tempelkan di bagian gigi yang sedang sakit.

2. Getah Jarak

 

Nah untuk getah buah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi dalam penggunaan sebagai obat sakit gigi secara alami, adapun cara untuk menggunakan getah buah jarak untuk mengobati sakit gigi yaitu anda tinggal hanya meneteskan getah jarak ke kapas lalu di tempelkan ke gigi yang sedang sakit atau anda juga bisa secara langsung meneteskan getahnya ke bagian gigi yang berlubang atau ke gigi yang sedang sakit.

3. Akar Kangkung

Akar kangkung juga mempunyai khasiat untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan cara sediakan beberapa potong kangkung dan ½ cuka, lalu kedua bahan tersebut di rebus dengan air kurang lebih satu gelas, setelah itu diamkan hingga hangat kuku lalu jadikan air tersebut sebagai air untuk berkumur, setelah 2 menit buang lagi airnya.

4. Bawang Putih

Para ahli medis menyebutkan bahwa bawang putih adalah salah satu tanaman herbal yang sangat ampuh dalam mengobati sakit gigi, karena dalam bawang putih terdapat kandungan senyawa antiseptic. Untuk cara penggunaannya anda tinggal menghaluskan bawang putih lalu tempelkan di gigi yang sakit, diamkan selama 5 menit setelah itu bersihkan dengan air.

5. Daun Cengkeh

 

Daun cengkeh yang merupakan salah satu bahan pembuat rokok ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati sakit gigi, untuk caranya sendiri anda tinggal sediakan daun cengkeh yang sudah bersih lalu direbus dengan segelas air hingga mendidih setelah itu tiriskan lalu airnya di celupin kapas, dan kapasnya di tempel di gigi yang sakit.

Atau jika tidak ingin repot bisa juga langsung menggunakan minyak cengkeh. Caranya pun sama celupkan atau olesi kapas dengan minyak cengkeh lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit. Dengan aroma wangi dan kandungan zat nutrisi yang terdapat dalam minyak cengkeh akan dapat membunuh bakteri dan virus penyebab sakit gigi.

6. Tembakau

Tembakau ternyata tidak hanya untuk membuat rokok saja, lebih dari itu ternyata ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari tembakau ini, salah satunya adalah sebagai obat sakit gigi. Lalu bagaimana cara untuk menyembuhkan sakit gigi dengan tembakau ini?

Cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan tembakau terlebih dahulu. Kalau misal tidak ada bisa juga dengan mengambil tembakau dari rokok. Setelah itu masak air secukupnya hingga mendidih dan masukan tembakau yang sudah disiapkan.

Saring air rebusan tembakau tersebut beberapa kali untuk diambil air-nya yang berwarna kuning nikotin. Setelah dirasa sudah tidak terlalu panas atau siap digunakan maka segera pakai air nikotin tersebut untuk berkumur-kumur beberapa kali.

7. Es Batu

Es batu juga bisa kita gunakan untuk meredakan atau menghilangkan sakit gigi. Setidaknya ada 3 cara yang bisa kita lakukan. Cara pertama adalah dengan menaruh es batu pada titik L14 yaitu antara jempol dan jari telunjuk.

Berdasarkan penelitian dengan melakukan pijatan pada titik L14 menggunakan es batu merupakan cara yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Sinyal dingin yang dihasilkan oleh es batu pada titik ini akan dapat mengganggu sinyal rasa sakit. Dengan melakukan pijatan atau menggosoknya dengan es batu selama 5 sampai 10 menit maka sakit gigi akan berangsur-angsur hilang. Lakukan ini pada titik L14 di kedua tangan Anda.

Untuk cara yang kedua adalah dengan menghisap es batu dan meletakannya di area gigi yang sakit dan biarkan sampai mencair. Sedangkan cara ketiga adalah dengan mengkompres pipi dengan es batu, bisa dengan dibungkus kain atau handuk yang bersih.

8. Pijat Refleksi

Dengan melakukan pijatan menggunakan jari tangan terbukti ampuh mampu meredakan dan membantu proses penyembuhan sakit gigi. Pijat refleksi jari ini dilakukan pada beberapa titik tertentu ditubuh kita, dimana masih-masing titik kurang lebih dilakukan pijatan selama semenit dan dilakukan 3 kali sehari.

cara mengobati sakit gigi dengan pijatan

Setidaknya ada 11 titik pijatan untuk mengobati sakit gigi, yaitu :

  1. Merupakan titik refleksi rahang atas, yang berfungsi untuk mengobati sakit gigi bagian atas.
  2. Merupakan titik refleksi rahang bawah, yang berfungsi untuk mengobati sakit gigi bagian bawah.
  3. Merupakan titik akupresur yang ada di atas tengah kepala.
  4. Merupakan titik refleksi yang posisinya 1 jari diatas telinga kanan dan kiri.
  5. Merupakan titik refleksi yang posisinya ada di ujung pangkal rahang atas.
  6. Merupakan titik refleksi yang ada di ujung rahang bawah dari belakang telinga sampai bawah telinga.
  7. Merupakan titik refleksi yang ada di tengah rahang bawah, untuk meredakan sakit gigi bagian bawah.
  8. Merupakan titik refleksi yang ada di bawah tulang pipi, untuk mengobati sakit gigi atas.
  9. Bisa juga untuk membantu meredakan sakit kepala.
  10. Sama dengan nomor 9.
  11. Merupakan titik refleksi yang ada di tangan antara ibu jari dan jari telunjuk kanan dan kiri (L14).

9. Garam

Garam yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan di dapur, juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk membantu menyembuhkan sakit gigi. Di dalam garam terdapat kandungan zat yodium yang sangat baik untuk kesehatan gigi, ada pula di dalamnya unsur natrium chloride yang bisa untuk membunuh bakteri di dalam gigi.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, Anda hanya perlu melarutkan garam secukupnya ke dalam air hangat dan gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur selama 2-3 menitan. Usahakan posisi air garam saat berkumur berada diatas atau area gigi yang sakit. Yang perlu diperhatikan juga adalah rasa air garam yang digunakan cukup asin supaya lebih ampuh untuk mengobati sakit gigi dan membunuh kuman yang menempel.

10. Daun Sirih

 

Untuk menyembuhkan sakit gigi dapat pula dilakukan dengan menggunakan daun sirih. Salah satu alasan kenapa daun sirih cukup ampuh digunakan sebagai obat sakit gigi adalah karena terdapat kandungan minyak atsiri di dalamnya.

Dalam minyak atsiri terdapat berbagai zat antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan antibakteri yang mampu membunuh berbagai jenis bakteri dalam mulut. Selain itu juga dapat mengurangi peradangan gusi dan bau mulut.

Untuk cara mengobati sakit gigi dengan daun sirih, ada 3 metode yang bisa digunakan. Yang pertama adalah dengan merebus daun sirih dan menggunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur. Kedua, bisa juga dilakukan dengan cara disedu dengan air panas setelah terasa hangat barulah digunakan untuk berkumur.

Cara ketiga adalah dengan cara menguyah langsung daun sirihnya, dengan terlebih dahulu dicuci bersih. Cara ini bisa dibilang merupakan cara yang paling ampuh dalam metode pengobatan sakit gigi dengan daun sirih, karena tidak mengurangi kandungan zat di dalamnya.

11. Bekicot

Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan memanfaatkan hewan bekicot, yaitu dengan mengambil lendir bekicot. Caranya adalah memecah bagian ujung cangkang bekicot kemudian teteskan lendirnya pada kapas. Jika sakit gigi bukan karena gigi berlubang maka kapas tersebut digigit pada bagian yang sakit, jika gigi berlubang maka bisa disumbatkan di dalamnya.

Dalam lendir bekicot ini terdapat kandungan protein cukup tinggi yang dapat membantu mengaktifkan zat-zat pelawan bakteri atau kuman penyebab sakit gigi. Selain itu juga terdapat kalsium dan fosfor yang bisa menguatkan tulang gigi agar tidak mudah keropos. Bukan hanya itu saja, vitamin B kompleks juga ada di dalamnya, dimana nutrisi ini sangat baik untuk mengaktifkan enzim di dalam mulut yang bisa mencegah bakteri jahat berkembang biak.

12. Teh Celup

Cara meredakan sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan teh celup. Anda hanya tinggal persiapkan satu kantong teh celup kemudian celupkan ke dalam air panas, tapi jangan diberi gula atau pemanis.

Setelah itu dalam keadaan masih hangat, tempelkan kantong the tersebut ke bagian gigi atau gusi yang sakit. Teh hangat ini dipercaya bisa menghilangkan bakteri pada gigi dan meredakan sakit gigi yang mencengkram.

13. Jeruk Nipis

Bahan alami berikutnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan jeruk nipis. Di dalam jeruk nipis ini terdapat kandungan zat antibiotik alami yang sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi terutama pada gigi berlubang.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah, kita hanya perlu mengambil air hasil perasan jeruk nipis untuk kemudian dicampur dengan air hangat secukupnya. Gunakan campuran air jeruk nipis dan air hangat tersebut untuk berkumur-kumur pada pagi dan malam hari sebelum tidur secara teratur.

14. Kecubung

 

Mungkin kebanyakan dari kita ketika mendengar tanaman kecubung yang langsung ada dipikiran adalah sebuah tanaman yang bisa memabukan dan beracun. Namun ternyata jika kita bisa memanfaatkannya secara benar ada manfaatnya juga, diantaranya yaitu bisa sebagai obat sakit gigi.

Bagian tanaman kecubung yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit gigi diantaranya akar, daun dan bijinya. Dalam penggunaannya bisa digunakan sendiri atau dicampur dengan bahan lain. Lalu bagaimana caranya?

  • AkarAkar ini bisa langsung anda gosokan pada gusi yang sakit atau bisa juga ditumbuk terlebih dahulu dengan jahe baru kemudian ditempelkan. Cara berikutnya adalah dengan menggiling akar kecubung, lalu di campur dengan gilingan daun legetan warak dan air jeruk nipis, masing-masing dengan takaran satu sendok makan. Lalu seduh dengan air garam sebanyak ¾ cangkir untuk kemudian diperas dan disaring.Hasilnya anda gunakan untuk berkumur-kumur selama beberapa menit. Atau bisa juga dengan menggiling sampai halus 50 gram akar kecubung, 10 lembar daun legetan arak dan 10 gram kunyit. Kemudian diseduh dengan air panas dan disaring, hasilnya digunakan untuk berkumur-kumur.
  • Daun KecubungUntuk daun kecubung ini umumnya digunakan untuk membantu menyembuhkan bengkak karena sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk daun kecubung, jahe dan bawang merah menjadi satu kemudian dikompreskan pada area yang bengkak.
  • Biji KecubungCara penggunaan biji kecubung untuk menyembuhkan sakit gigi adalah dengan menaruh biji yang sudah kering diatas wajan yang sudah dikasih minyak kelapa, lalu tutup menggunakan tempurung kelapa yang sudah diberi lubang diatasnya, nantinya asap yang keluar dari lubang tersebut dihembuskan ke dalam mulut, bisa dengan corong bambu atau yang lainnya dan lakukan sekitar 15 menitan.

15. Biji Terong

Alternatif pengobatan sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan biji terong, yang bisa dibilang merupakan cara tradisional untuk mengobati sakit gigi. Alat-alat yang dibutuhkan diantaranya yaitu semprong atau batok kelapa yang ada bambunya, lempengan genteng, nampan alumunium, minyak tanah dan bulatan kayu.

Untuk langkah awal adalah panaskan terlebih dahulu lempengan genteng, kemudian isi nampan dengan air dan taruh bulatan kayu ditengahnya. Genting yang sudah dipanaskan nanti ditaruh diatas bulatan kayu tersebut.

Lalu biji terong ditaruh diatas genteng tersebut dengan diberi minyak tanah sehingga akan membuatnya terbakar dan mengeluarkan asap. Segera tutup dengan semprong atau batok kelapa berbambu dan arahkan ke mulut, tahan sekitar satu menit jangan sampai asapnya keluar dari mulut.

Lakukan langkah tersebut sampai 5 kali pergantian biji terong. Dan nanti biasanya diatas air yang ada di nampan akan muncul ulat-ulat berukuran kecil warna putih yang disinyalir sebagai penyebab sakit gigi.

16. Terasi

Selain cabai dan bawang putih, bumbu dapur lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi sakit gigi adalah terasi. Biasanya terasi ini digunakan untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyumpalkan saja terasi pada gigi yang berlubang dan biarkan sekitar 2 jam, niscaya rasa sakit gigi akan segera mereda.

17. Air Hangat

Air hangat ini biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan akibat gigi patah. Ketika pendarahan sudah berhenti dianjurkan untuk langsung menggunakan antibiotik supaya tidak terinfeksi oleh bakteri yang ada dalam mulut. Selain itu air hangat juga cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang dikarenakan gigi terlalu sensitif saat cuaca dingin.

18. Akupuntur

Tentunya sudah tahu kan apa itu akupuntur? Teknik pengobatan yang menggunakan jarum ini ternyata juga bisa untuk membantu menyembuhkan sakit gigi. Titik-titik yang digunakan untuk meletakan jarum adalah sama dengan titik yang digunakan untuk teknik pengobatan pijat refleksi. Hanya saja sebagai catatan, jika anda ingin mengobati sakit gigi dengan teknik akupuntur ini disarankan untuk dilakukan dengan bantuan orang yang sudah ahli dalam teknik akupuntur.

19. Propolis

 

Propolis atau disebut juga dengan lem lebah merupakan suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Untuk mengobati sakit gigi dengan propolis ini, anda tak perlu repot mencarinya di sarang lebah.

Karena kini sudah banyak yang menjual propolis dalam bentuk botol kecil. Cara penggunaannya hanya perlu menggunakan 3-4 tetes dan dicampurkan ke dalam 60 ml air, lalu gunakan untuk berkumur. Bisa juga dengan meneteskannya langsung ke dalam lubang gigi yang sakit atau menggunakan kapas dan menyumbatkannya ke dalam gigi.

20. Belimbing Wuluh

Dalam belimbing wuluh terdapat zat antibakterial yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Jika anda ingin menggunakan belimbing wuluh ini sebagai pengobatan sakit gigi, cukup siapkan 2 buah yang belum matang kemudian ditumbuk kasar.

Setelah itu tempelkan pada gigi yang terasa sakit dan biarkan sekitar 10 menit sampai satu jam sesuai kebutuhan. Kalau sudah langsung berkumur dengan air hangat untuk membersihkannya. Jika anda masih kuat mengunyah dan tidak terasa sakit, bisa juga belimbing wuluh tadi langsung dikunyah.

21. Biji Alpukat

Bahan alami berikutnya yang bisa kita manfaatkan sebagai obat sakit gigi adalah biji alpukat yang sudah matang. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kita hanya perlu mengupas kulit biji alpukat dan menjemurnya hingga benar-benar kering.

Setelah kering langkah selanjutnya adalah menyangrai biji alpukat tersebut kemudian tumbuk sampai halus. Hasilnya kita oleskan atau masukan ke dalam gigi yang sakit/berlubang dan diamkan beberapa menit hingga sejam sesuai dengan kebutuhan.

22. Balsem atau Minyak Kayu Putih

Balsem juga bisa digunakan untuk meredakan dan menghilangkan sakit gigi terutama untuk gigi berlubang. Caranya tinggal olesi kapas dengan balsem kemudian masukan ke dalam gigi yang berlubang. Jika kebetulan tidak ada balsem, minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai penggantinya.

23. Cere atau Kecoa Batu

Cara mengobati sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan cere atau kecoa batu. Terlebih dahulu siapkan beberapa ekor cere atau kecoa batu, kemudian pencet tubuhnya dan oleskan cairannya ke area pipi dan rahang gigi yang sakit hingga merata. Biarkan selama kurang lebih 5 menitan, maka nanti ulat-ulat yang menjadi penyebab sakit gigi akan keluar.

24. Daun Binahong

Tanaman yang satu ini memang terkenal mampu untuk mengobati beberapa jenis penyakit dan salah satunya adalah sakit gigi. Untuk penggunaan sebagai obat sakit gigi adalah dengan memotong daun binahong menjadi beberapa bagian kecil.

Selanjutnya dikulum di area gigi yang sakit atau berlubang sebelum tidur. Lakukan hal ini sampai beberapa hari hingga sakit gigi hilang. Selain mampu menghilangkan sakit gigi, cara seperti ini juga mampu untuk menyembuhkan gusi yang bengkak.

25. Daun Korejat

 

Untuk mengatasi gigi ngilu dapat pula dilakukan dengan menggunakan daun korejat. Ambil beberapa lembar daun korejat dan tumbuk, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Selain daunnya, kita juga bisa menggunakan bunga korejat dan cara yang digunakan pun sama yaitu dengan menumbuk dan menempelkan pada gigi yang sakit.

26. Daun Jambu Biji

Ada beberapa zat penting yang terkandung dalam daun jambu biji yang sangat baik untuk kesehatan gigi, diantaranya yaitu ada zat antimikroba, antiinflamasi dan juga analgesik. Ada beberapa langkah yang bisa anda coba lakukan dalam melakukan pengobatan sakit gigi menggunakan daun jambu biji ini, yaitu dengan mengunyahnya langsung sampai ekstrak daun jambu bijinya keluar atau bisa dengan merebus daun jambu biji terlebih dahulu dengan ditambahkan garam, setelah air hasil rebusannya dingin gunakan untuk berkumur-kumur.

27. Daun Pandan

 

Daun pandan dapat juga kita gunakan untuk obat sakit gigi. Namun daun pandan yang akan kita gunakan bukanlah daun pandan yang aromanya wangi yang biasa untuk masak, melainkan adalah daun pandan duri yang biasa digunakan untuk membuat tikar dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Penggunaan daun pandan duri ini akan lebih baik jika yang digunakan adalah pandan duri liar yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil dari pandan duri biasa.

Cara penerapan untuk pengobatan sakit gigi cukup mudah, kita hanya perlu mengambil daun pandan duri dan bersihkan. Kemudian rebus atau bisa juga diseduh dengan air panas, tunggu sampai suhunya hangat lalu gunakan untuk berkumur-kumur, usahakan berkumur agak lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

28. Getah Pepaya

Bahan alami berikutnya yang bisa untuk menghilangkan sakit gigi adalah getah pepaya. Getah pepaya ini kita ambil dari daun pepaya yang masih muda. Taruh getah pada kapas untuk kemudian dioleskan atau digigit pada gigi yang sakit. Tahan sampai beberapa saat sampai rasa sakit gigi yang nyut-nyut itu hilang.

29. Getah Kamboja

Selain dengan getah pepaya, kita juga bisa memanfaatkan getah kamboja untuk mengobati sakit gigi terutama yang disebabkan karena gigi berlubang. Untuk caranya juga kurang lebih sama, kita hanya perlu mengambil getah kamboja dan menaruhnya di kapas, lalu taruh pada gigi yang berlubang. Usahakan ketika menaruhnya jangan mengenai gigi yang tidak sakit dan lakukan 1 sampai 2 kali sehari.

30. Habbatussauda

 

Habbatussauda atau jintan hitam memang terkenal akan manfaatnya yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit gigi. Dalam penggunaannya kita menggunakan minyak habbatussauda.

Caranya adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh minyak habbatussauda dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Selanjutnya oleskan pula minyak habbatussauda pada gigi yang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan.

31. Jahe

Dalam jahe terdapat zat anti bakteri dan anti jamur yang cukup manjur untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi. Anda hanya perlu merebus satu ruas jahe dengan sedikit air hingga mendidih. Setelah air rebusan jahe ini sudah cukup hangat, gunakanlah untuk berkumur-kumur.

Selain dengan cara direbus, untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif tanpa mengurangi kandungan zat di dalamnya, anda bisa memarut dan memerasnya. Tapi ingat jangan ditambah air atau apapun, kemudian air jahe hasil perasan ini gunakan untuk berkumur dan diamkan pada area gigi yang sakit selama 5 sampai 7 menit.

32. Kunyit

Bahan berikutnya yang bermanfaat untuk menghilangkan sakit gigi adalah kunyit. Ada beberapa cara pengobatan yang bisa kita lakukan dengan kunyit ini, diantaranya yang pertama adalah dengan menyiapkan satu rimpang kunyit dan minyak kayu putih. Cuci kunyit sampai bersih dan kupas, rendam sebentar dalam minyak kayu putih kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang.

Cara yang kedua adalah dengan menyiapkan sekitar 10 gram kunyit, akar dan daun serai masing-masing 25 dan 50 gram serta garam dapur secukupnya. Cuci semua bahan tersebut hingga bersih, potong-potong kunyit lalu rebus semua dalam ½ liter air. Tunggu sampai air menjadi satu gelas, setelah itu baru gunakan ramuan tersebut untuk diminum 3 kali sehari.

Cara yang ketiga adalah dengan menyiapkan 10 gram kunyit, buah pinang ½ biji, daun meniran 50 gram dan garam dapur secukupnya. Selain garam, cuci semua bahan hingga bersih baru setelah itu tumbuk semua bahan sampai halus. Hasilnya diseduh dengan air panas satu gelas lalu disaring, saat sudah hangat gunakan untuk berkumur-kumur 3 kali sehari.

33. Kayu Ular

 

Kayu ular merupakan tanaman yang berasal dari daerah papua, tanaman ini biasanya tumbuh di daerah kering, bebatuan atau di dekat pantai. Kayu ular ini tidak bergetah dan sangat keras. Satu hal yang cukup unik dari kayu ini adalah jika dibuat ramuan obat herbal dengan ditambah gula atau madu maka airnya akan semakin terasa pahit.

Namun dalam kayu ular ini terkandung banyak zat bermanfaat seperti zat sponin, alkeloid, zat antioksidan dan zat anti mikroba yang mampu untuk meyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu sakit gigi.

Cara pemakaian untuk mengobati sakit gigi adalah dengan mengerik batang kayu ular, taruh dalam gelas atau tempat lainnya dan rendam dengan air panas selama kurang lebih 2 menit lalu disaring. Air hasil saringan ini ditambah garam secukupnya lalu diminum 2 kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

34. Kaki Seribu

Hewan yang mungkin bagi sebagian orang begitu menjijikan dan bikin takut ini ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati sakit gigi. Cara pengobatan tradisional ini sudah sering digunakan oleh orang tua jaman dahulu.

Cara pemakaiannya adalah dengan memotong hewan kaki seribu ini menjadi 3 bagian, kemudian goreng dengan minyak zaitun. Sisa minyak hasil penggorengannya inilah yang kita gunakan untuk obat sakit gigi dengan dioleskan pada gigi yang sakit.

Atau bisa juga dilakukan dengan cara langsung tanpa menggorengnya, yaitu dengan memanfaatkan cairan yang keluar dari dalam tubuh hewan kaki seribu setelah dipotong. Taruh cairan pada kapas lalu oleskan pada gigi yang sakit.

35. Koyo

Rasa panas yang dihasilkan oleh koyo ini memang bisa membantu untuk meringankan rasa sakit gigi dan mengempeskan bengkak pada gusi. Koyo ini juga mudah untuk didapat, karena sudah banyak dijual di warung-warung. Jika anda saat ini sedang sakit gigi sebagai pertolongan pertama bisa dengan menempel koyo pada pipi gigi yang sakit.

36. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya yang memiliki nama latin aloe vera ini mengandung zat-zat bermanfaat seperti antioksidan, anti bakteri, anti radang dan masih banyak lainnya. Beberapa manfaatnya untuk kesehatan gigi dan mulut adalah dapat mengurangi dan mengatasi pendarahan atau penyakit pada gusi serta dapat untuk mengobati sakit gigi.

Cara pengobatan sakit gigi dengan menggunakan lidah buaya ini, anda hanya perlu mengupas terlebih dahulu bagian kulit yang berduri, lalu tambahkan air dan sedikit gula untuk kemudian diblender. Hasilnya jus lidah buaya ini anda minum, selain bisa menghilangkan rasa nyeri pada gigi, bisa juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda bisa juga menggunakan cairan pada lidah buaya untuk sikat gigi dan berkumur, jika tidak mau repot bisa juga membeli pasta gigi yang memiliki kandungan lidah buaya.

37. Lemon

Buah yang memiliki rasa sedikit asam dan kecut ini ternyata dapat untuk mengobati sakit gigi yang menyiksa dan tiba-tiba. Dengan kandungan zat antibakteri yang kuat dapat menyingkirkan kuman penyebab sakit gigi. Anda hanya cukup meneteskan perasan lemon pada bagian gigi yang sakit, bisa juga dengan mengunyahnya langsung.

38. Lada

Cukup banyak memang bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, setelah sebelumnya ada garam, cabai dan bawang putih kini giliran lada yang ambil bagian. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan lada plus garam dengan sedikit air sehingga akan menghasilkan pasta.

Kemudian oleskan pasta lada tersebut pada gigi yang sakit dan biarkan beberapa menit, lakukan sampai beberapa hari sampai rasa nyeri pada gigi hilang. Dalam campuran lada dan garam ini terdapat anti bakteri, analgesik properti dan anti inflamasi yang sangat baik untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

39. Madu

Mungkin ada yang bertanya-tanya, madu kan manis apakah tidak akan menambah rasa sakit gigi? Rasa manis madu merupakan rasa yang dihasilkan melalui proses produksi antiseptik alami yang dinamakan hidrogen peroksida, sehingga aman untuk gigi. Yang ada malah kadar gula tingkat tinggi ini akan membuat bakteri tidak dapat bereproduksi.

Jika anda sedang mengalami sakit gigi terutama yang disebabkan karena gigi berlubang, segera sediakan 5 sendok teh madu dengan 1 sendok teh kayu manis, campurkan menjadi satu. Hasilnya anda tempelkan pada gigi yang sakit, untuk pertama cukup sedikit saja sisanya bisa anda gunakan lagi untuk 2 sampai 3 kali sehari hingga rasa sakit mereda.

40. Minyak Zaitun

 

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah dengan minyak zaitun. Minyak zaitun ini aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping. Untuk pengobatan sakit gigi, anda hanya perlu menyiapkan kapas, kapas ini nantinya anda celupkan pada minyak zaitun kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin sampai 4 kali sehari. Ingat, sebelum pengobatan bersihkan atau sikat dulu gigi anda.

41. Minyak Tawon

Minyak tawon ini terbuat dari campuran beberapa bahan seperti minyak cengkeh, minyak sereh, minyak kelapa, kayu putih, sari lemon dan juga jahe. Walaupun umumnya digunakan sebagai minyak gosok, minyak tawon bisa juga digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Kandungan minyak cengkeh yang terdapat di dalamnya akan membuat peredaran darah gusi menjadi lancar, kandungan minyak kayu putihnya dapat melemaskan otot-otot kecil pada gusi dan kandungan jahe nya akan menghangatkan dan membantu proses penyembuhan sakit gigi.

Cara pakainya mudah sekali, anda hanya cukup meneteskan minyak tawon pada kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit beberapa menit dan lakukan 3 kali sehari.

42. Ragi

Pengobatan sakit gigi dengan ragi yang biasa digunakan untuk membuat tape ini sebenarnya merupakan cara untuk mencabut gigi secara perlahan. Karena dengan mengolesi gigi dengan ragi akan membuatnya lapuk dan lama-kelamaan akan habis atau bisa dicabut. Oleh karena itu dalam penggunaannya harus hati-hati, pastikan hanya gigi yang sakit saja yang terkena ragi.

43. Soda Kue atau Baking Soda

 

Soda kue atau baking soda merupakan salah satu bahan untuk membuat kue yang ternyata dapat pula kita manfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Cara pemakaiannya adalah dengan menempelkan bubuk soda kue pada ujung cotton bud, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit atau berlubang.

Selain cara tersebut bisa juga dengan menggunakannya untuk berkumur, caranya cukup ditambahkan dengan sedikit air hangat. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan bahan-bahan seperti 2 sendok makan baking soda, 15-30 tetes air lemon dan ½ cangkir minyak kelapa aduk hingga rata dan menjadi pasta. Gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi yang sakit.

44. Tempurung Kelapa

Untuk mengobati sakit gigi dengan tempurung kelapa ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan selain tempurung kelapa yaitu arang kayu dan wadah dari besi atau kaleng. Bersihkan terlebih dahulu tempurung kelapa yang akan digunakan kemudian letakan diatas kaleng. Taruh arang yang sudah membara diatas tempurung kelapa, maka nanti pada bagian bawah tempurung akan keluar minyak.

Untuk pengobatannya cukup taruh minyak tempurung kelapa tersebut pada kapas atau cotton bud kemudian tempelkan pada gigi yang sakit atau berlubang.

45. Timun

Untuk mengatasi sakit gigi yang menyiksa, mentimun bisa menjadi solusinya, karena mineral dan vitamin serta rasa dingin yang dimiliki timun dapat menenangkan gigi ngilu. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengiris timun lalu menaruhnya diatas gigi yang sedang sakit, dapat pula dengan ditambah sedikit garam.

46. Daun Sukun

 

Daun sukun ternyata juga cukup ampuh untuk mengurangi rasa sakit, nyeri dan ngilu pada gigi. Caranya kita cukup merebus daun sukun yang sudah kering, kemudian air hasil rebusan ini digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri yang menempel pada gigi.

47. Merica

Bumbu dapur lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi adalah merica. Merica ini memang terkenal sering digunakan sebagai obat tradisional oleh para orangtua dahulu, salah satunya yaitu sebagai obat sakit gigi.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan merica dengan garam dan beberapa tetes air, sehingga dari hasil campuran ini akan terbentuk pasta yang bisa kita tempelkan pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit, untuk memperoleh hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai sakit giginya hilang.

48. Serai atau Sereh

Tentunya sudah tahu kan dengan tanaman serai, yang biasa digunakan untuk memasak ikan dan memiliki aroma yang khas? Selain untuk memasak ikan, serai dapat digunakan pula untuk obat sakit gigi. Caranya cukup kita rebus 40 gram daun sereh dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyisakan setengah gelas saja. Saat sudah hangat gunakan air rebusan daun sereh ini untuk berkumur-kumur 2 kali sehari.

49. Kencur

Kencur ini memang bisa untuk memberikan rasa hangat. Hal ini juga yang dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi dengan efek hangatnya sehingga akan bisa membuat lemas otot-otot gusi. Cara penggunaannya adalah dengan menempelkan iriasan atau tumbukan kencur pada gigi yang sakit, atau kalau masih bisa dapat juga dikunyah langsung.

50. Kemiri

 

Kemiri, tentu anda sudah tidak asing dengan bahan bumbu masak yang satu ini. Selain buahnya yang bermanfaat, bagian lain dari pohon kemiri yaitu getahnya juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup ambil getah yang ada pada batang pohon kemiri dan oleskan pada kapas, lalu tempelkan pada gigi atau gusi yang terasa sakit selama kurang lebih 10 menit. Lakukan langkah ini sampai beberapa kali dengan kapas yang berbeda.

51. Bawang Merah

Bukan hanya bawang putih saja, bawang merah juga dapat digunakan untuk menghilangkan sakit gigi, hal ini tidak lepas dari kandungan dalam bawang merah yang memiliki zat anti mikroba yang baik untuk memusnahkan kuman penyebab sakit gigi.

Cara menggunakannya adalah dengan mememarkan satu siung bawang merah, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Setelah dirasa cukup dan sakit mulai mereda, langsung berkumur dengan air hangat atau dingin.

52. Bulu atau Duri Landak

Hewan landak ketika melindungi diri dari serangan musuh biasanya akan mengembangkan bulu atau duri yang ada pada tubuhnya. Tahukah anda bahwa ternyata bulu landak ini juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Hal ini dikarenakan bulu landak mengandung zat anti bakteri yang bisa mengatasi sakit gigi.

Cara pakainya adalah dengan membakar bagian pangkal bulu atau duri landak dan dijadikan serbuk. Serbuk inilah yang nantinya kita taburkan pada gigi yang sakit sebagai obat.

53. Asam Jawa

Obat sakit gigi alami berikutnya adalah dengan menggunakan asam jawa. Asam jawa dapat difungsikan sebagai bahan antiseptic alami yang aman. Untuk mengobati sakit gigi dengan asam jawa, anda hanya perlu menyangrai bijinya untuk kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit.

54. Air Kelapa

Sama seperti asam jawa, air kelapa juga merupakan antiseptic alami. Sebagai pengobatan air kelapa ini cukup anda gunakan untuk berkumur setiap habis menggosok gigi, lakukan secara rutin setiap hari supaya bakteri penyebab sakit gigi hilang.

55. Daun Bidara

Cara menyembuhkan sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan daun bidara. Caranya adalah dengan merebus beberapa daun bidara yang sudah dicuci bersih dengan ditambah sedikit garam. Hasilnya bisa anda minum untuk mengobati sakit gigi.

Dalam daun bidara terdapat kandungan zat bermanfaat yang bisa membantu meringankan sakit gusi yang meradang karena gigi berlubang, seperti zat kimia metil stearat, linalool, alphaterpineol, metilester, dan lainnya.

56. Getah Pohon Patah Tulang

 

Dalam getah pohon patah tulang terkandung beberapa senyawa seperti taraksasterol, euforrbon, eufol, dan senyawa damar , yang dapat membantu mengatasi nyeri gigi dan mencegah pembengkakan. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan getah pohon patah tulang pada kapas atau cotton bud lalu oleskan pada gigi yang sakit atau berlubang.

57. Do’a

Apapun usaha kita untuk mengobati sakit gigi, jangan lupa untuk selalu mengiringinya dengan do’a. Karena biar bagaimanapun juga kesembuhan itu datangnya dari Yang Maha Kuasa, berbagai usaha yang kita lakukan merupakan wujud ikhtiar dan perantara saja.

Jika cara-cara pengobatan yang telah saya sampaikan diatas sudah anda lakukan namun tidak menghasilkan efek apapun, saya sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jika penyakit gigi yang anda derita merupakan penyakit kambuhan atau kondisi gigi sudah berlubang parah mungkin lebih baik untuk dicabut saja, dengan catatan proses pencabutan dilakukan saat gigi tidak sakit.

Sekarang ini tidak perlu takut ke dokter gigi, karena peralatan dental unit yang mereka gunakan sudah canggih, sehingga efek sakit yang ditimbulkan tidak berasa. Alat dental unit biasa para dokter gigi dapatkan dari distributor alat kesehatan, dimana para distributor ini jual dental unit dari beragam jenis dan merk yang bisa disesuaikan harganya dengan kebutuhan.

Nah itulah pembahasan mengenai cara mengobati sakit gigi dengan cepat, ampuh dan alami. Semoga info yang saya berikan ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya, saya doakan untuk anda yang sedang sakit gigi cepat sembuh seperti sedia kala.

So jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi yah, jika selama ini anda suka mengkonsumsi makanan secara sembarangan dan jarang gosok gigi, mulai hari ini segera rubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang sehat, kurangi kopi, jauhi rokok, perhatikan makanan yang anda makan dan pastinya jangan lupa untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

2