Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Beberapa penyakit disekitar mulut sering sekali terjadi pada tubuh kita, penyakit ini biasanya erat hubungannya dengan kesehatan mulut seperti gusi, bengkak, gusi berdarah maupun sakit gigi. Penyakit ini tergolong ringan, namun bila kita diamkan maka akan sangat menganggu kesehatan kita yang lain pada tubuh kita.

Penyakit yang berkaitan dengan kesehatan mulut ini dapat diobati dengan berbagai cara alami dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan herbal yang mampu mengurangi bahkan sampai menyembuhkan penyakit tersebut. Beberapa cara tersebut seperti berkumur dengan air garam, lemon, dan minyak cengkeh. Untuk mengetahui beberapa penyebab terjadinya penyakit ini berikut ulasannya.

Gusi bengkak memiliki banyak penyebab, diantara beberapa penyebab terjadinya gusi membengkak seperti misal karena adanya infeksi, bakteri, sakit gigi maupun kekurangan nutrisi, kekurangan vitamin C juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi keluhan gusi yang membengkak adalah dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan modern, dan bila anda ingin mencari solusi obat alami berikut ini beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa dicoba sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan :

1. Berkumur Air Garam

Cara ini merupakan cara alami yang sudah terbukti sejak dahulu kala warisan nenek moyang. Caranya sangat simpel sekali, ambil air hangat satu gelas dan tambahkan sesendok garam dan larutkan, kemudian berkumurlah menggunakan air tersebut, lakukan 2 kali sehari selama gusi anda bengkak hingga sembuh.

2. Menggunakan Lemon

Lemon juga dapat membantu dalam menyembuhkan gusi anda yang bengkak, caranya siapkan setengah gelas air hangat dan tambahkan perasan air lemon, setelah dicampur hingga rata berkumurlah dengan air tersebut, gunakan sehari 2 kali saja, pasti sakit gusi bengkak anda akan semakin berkurang.

3. Mengoleskan Minyak Cengkeh

Khasiat minyak cengkeh mampu memberikan bantuan untuk menyembuhkan gusi bengkak, caranya hanya dengan mengoleskan pada gusi anda yang bengkak, lakukan 3 kali sehari, dengan pemakaian yang rutin gusi anda yang bengkak akan segera sembuh, sebaiknya gunakan tangan yang benar-benar bersih agar bakteri tidak bertambah.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Dengan sering mengkonsumsi air putih akan dapat memperbanyak air liur kita, sehingga air liur yang kita produksi dapat juga membunuh bakteri yang bersarang dimulut kita, selain itu dengan air putih akan membantu dalam membersihkan mulut kita dari sisa-sisa makanan yang tersisa, sehingga akan mengurangi jumlah bakteri dalam mulut kita.

5. Mengkompres Dengan Air Hangat atau Dingin

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan melakukan kompres pada area gusi yang bengkak, kompres dengan air hangat berfungsi untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada gusi, sedangkan kompres dingin bisa untuk meredakan bengkaknya.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang mungkin dapat membantu anda dalam mengatasi keluhan pada gusi anda yang membengkak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, semoga lekas sembuh.