All About Online

Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin – Masuk angin kerap kali kita rasakan disaat-saat kondisi fisik lemah dan aktifitas yang padat. Atau kondisi cuaca yang tidak menentu, atau bisa juga disebabkan karena begadang (kurang tidur). Banyak sekali kepercayaan orang mengenai penyebab masuk angin.

Memang, dalam istilah kedokteran kita tidak mengenal adanya sebuah penyakit yang dinamakan “masuk angin”. Namun di seluruh Indonesia, dari sabang sampai merauke mengenal istilah ini. Bagaimana dengan anda? Apakah pernah merasakan gejala masuk angin?

Gejala atau rasa yang dialami seseorang pada saat masuk angin berbeda antara orang yang satu dan yang lainnya. Hal ini tentunya karena ketahanan tubuh masing – masing orang berbeda. Ada yang mual, pusing, kembung dan juga badan terasa meriang.

Ada juga yang hanya merasakan perut kembung saja, tanpa ada gejala lain. Bahkan ada juga yang tidak merasakan gejala apapun. Hanya badan terasa capek, pegal – pegal dan kurang fit.

Apapun penyebabnya, masuk angin memang dirasakan oleh sebagian besar orang dan ada banyak cara mencegah dan mengobatinya. Inilah beberapa cara yang banyak dilakukan orang pada saat merasakan masuk angin.

  1. Dikerok (dengan cara mengerok bagian punggung dengan koin dengan tujuan untuk membuat pori – pori menjadi lebar)
  2. Minum Obat ( banyak obat herbal masuk angin yang bisa anda beli di apotek atau di warung dekat rumah anda)
  3. Minum ramuan tradisional (minuman ini bisa anda buat dari bahan – bahan seperti jahe, kayu manis, dan rempah lainnya)
  4. Dibiarkan saja hanya istirahat dan makan teratur

Mana yang biasanya anda lakukan ?

Sedangkan untuk mencegah masuk angin kita harus tau dulu apa yang bisa membuat kita terkena serangan ini. Bila begadang membuat kita masuk angin, maka usahakan jangan begadang, atau isi perut kita ketika begadang, dan gunakan pakaian yang tebal. Kalau faktor karena capek, maka sebisa mungkin jangan beraktifitas terlalu berat yang menyita tenaga dan pikiran anda.

Kesehatan merupakan hal yang amat penting, kalau bukan kita yang menjaganya sendiri siapa lagi ? Demikian tadi pembahasan mengenai cara mengatasi masuk angin yang bisa Anda coba lakukan, semoga ada manfaatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.