All About Online

Cara Mempromosikan Bisnis yang Baru Dimulai

Semakin hari, bisnis semakin berkembang. Banyak pelaku-pelaku bisnis baru yang mulai menjajaki sektor ini. Hampir di setiap jalan yang kita lalui, terdapat banyak jenis usaha rakyat yang menjanjikan. Dengan adanya hal tersebut, kita yang semula belum berbisnis pun boleh memulai bisnis sendiri. Namun, apakah usaha yang kita lakukan akan berhasil mengingat sudah begitu banyaknya persaingan di dunia bisnis ini?

Tentu kita tidak boleh berkecil hati karena tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah usaha. Meski begitu, kita tetap harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Salah satu persiapannya adalah kegiatan sosialisasi dan promosi agar bisnis yang kita jalankan dikenal oleh lebih banyak orang. Sebab, seperti yang kita tahu, kunci bisnis yang sukses tidak hanya bergantung pada kualitas produk, tetapi juga pada teknik marketing yang digunakan oleh pelaku bisnis.

Cara Promosi  & Marketing Kekinian untuk Bisnis yang Baru Dimulai

Cara marketing hari ini sudah jauh lebih berkembang dibandingkan dengan di hari-hari lalu. Adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, menyebabkan banyak perubahan di segala sektor termasuk dalam hal pemasaran atau marketing. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisnis yang baru kita mulai bisa berkembang, antara lain:

  1. Media Sosial

Cara Mempromosikan Bisnis yang Baru Dimulai dengan Sosial Media

Media sosial adalah sebuah platform yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan banyak orang. Bentuk interaksi dalam media sosial ini bisa berupa foto, video, atau tulisan. Media sosial yang dimaksud adalah yang sudah begitu populer di masyarakat, antara lain Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan lain sebagainya. Berbagai platform ini cukup ampuh untuk dimanfaatkan sebagai media marketing. Di sana kita bisa memulai untuk mensosialisasikan dan mempromosikan bisnis yang baru kita mulai. Media sosial memiliki 3 fungsi penting untuk memperkenalkan produk yang kita tawarkan, antara lain sebagai etalase produk, sebagai sumber informasi seputar bisnis, dan sebagai ruang komunikasi antara pemilik bisnis dan pelanggan.

  1. Blog dan SEO

Cara promosi berikutnya adalah dengan menggunakan blog dan optimasi SEO. Hingga saat ini, search engine masih menjadi hal yang masih digunakan masyarakat ketika ingin mendapatkan informasi mengenai suatu produk baru. Sebagai pengingat, bahwa tujuan utama dari blog dan SEO yaitu sebagai media informasi untuk memaksimalkan branding dan bukan untuk menaikan konversi. Melalui blog dan SEO, calon pelanggan bisa dengan mudah terkoneksi ke website dan media sosial. Oleh karena itu blog dan SEO merupakan aset digital yang wajib dimiliki pebisnis kekinian jika ingin menarik minat calon konsumen.

  1. Memanfaatkan Daftar Email Pelanggan

Sebagai pebisnis baru, kita perlu mengumpulkan sebanyak mungkin alamat email, baik dari calon pelanggan atau email milik orang-orang yang tertarik dengan bisnis yang kita jalankan. Setelahnya, kita bisa mengirimkan email marketing kepada mereka untuk memperkenalkan bisnis kita, produk apa saja yang kita tawarkan, serta tentunya mengajak mereka untuk mengunjungi toko online yang kita miliki.

Email masih menjadi alat pemasaran yang cukup efektif.  Oleh karena itu, kita perlu mengumpulkan alamat email dengan rapi dan mengirimkannya secara rutin dan berkesinambungan. Untuk mendapatkan alamat email, kita bisa membuat survei atau kuesioner di media sosial. Selain itu kita juga bisa menyediakan fitur pop-up pada website yang kita miliki dan meminta pengunjung website meninggalkan alamat email dengan imbalan berupa promosi. Setelah itu, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah memastikan agar email yang kita kirimkan tidak masuk ke dalam spam. Berikut kami sertakan cara agar email tidak masuk ke spam penerima.

  1. Membagikan Voucher atau Kupon Promo

Membagikan voucher atau kupon promo adalah salah satu cara promosi yang ampuh untuk menarik minat konsumen. Di era digital, penggunaan voucher promo juga beralih dari yang semula bersifat fisik menjadi elektronik, atau yang biasa kita kenal dengan e-voucher Banyak pemilik bisnis yang membagikan promo voucher melalui email, bahkan langsung di dalam aplikasi yang digunakan konsumen (in-app). Dengan beragam promosi yang ditawarkan melalui voucher, apapun jenis bisnis yang sedang dijalankan. Termasuk bisnis baru sekalipun, akan berpotensi menaikkan pendapatan.

  1. Memanfaatkan Website Pribadi

Meski masih menjadi pebisnis baru, tidak ada salahnya untuk memiliki website pribadi. Kita bisa mengukuhkan identitas di dunia maya dengan menggunakan website. Kita perlu memiliki nama domain yang unik untuk website pribadi. Sebab, nama domain sifatnya unik, tidak ada nama domain yang sama persis. Selain itu keberadaan website pribadi membantu bisnis kita terlihat lebih kredibel di mata calon pelanggan. Mereka bisa dengan mudah melihat katalog prodigy-produk yang kita tawarkan. Dengan website pribadi kita sebagai pemilik bisnis juga lebih mudah menjalin komunikasi dengan calon pelanggan. Saat ini membuat website mudah dilakukan bahkan oleh orang awam sekalipun. Kita bisa membuat website dengan cepat, mudah, dan aman dengan website WordPress dalam satu paket. Banyak sekali perusahaan penyedia layanan hosting yang menyediakan layanan WordPress Hosting ini, salah satunya yaitu Jetorbit.

  1. Menjadi Sponsor di Berbagai Acara

Cara sosialisasi dan promosi bisnis baru yang efektif berikutnya adalah dengan turun langsung ke lapangan. Salah satu caranya adalah dengan menjadi sponsor. Karena bisnis yang kita miliki adalah tergolong bisnis baru maka tidak perlu jadi sponsor acara yang besar, karena diperlukan biaya besar pula. Kita bisa memulainya dari acara yang kecil-kecil terlebih dahulu. Selalu banyak institusi atau lembaga yang dengan senang hati membuka kerjasama seperti ini. Dari hal ini, kita bisa langsung mempromosikan bisnis baru yang sedang kita jalankan sekaligus meminta testimoni mereka.

Demikian beberapa cara mempromosikan bisnis yang baru dimulai. Semoga cara-cara di atas bisa membantu teman-teman yang baru saja merintis usahanya. Kami PT Jetorbit selaku penyedia layanan hosting dan domain juga bersedia menjadi mitra teman-teman dalam mengembangan bisnis. Tersedia banyak pilihan penawaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kunjungi website kami di www.jetorbit.com untuk informasi lebih lengkap. Jika bisa berbisnis sekarang, kenapa harus tunggu nanti?

Leave A Reply

Your email address will not be published.