All About Online

Racun Rumput dari Air Kelapa

Cara Membuat Racun Rumput dari Air Kelapa – Rumput memang sering menjadi pengganggu bagi tanaman yang kita tanam, walaupun mungkin sudah sering kita cabut namun tetap saja akan tumbuh lagi. Oleh karena itu kebanyakan dari kita, terutama yang berprofesi sebagai petani, selalu menggunakan obat semprot pembasmi rumput atau herbisida kimia untuk menyingkirkan rumput-rumput liar tersebut.

Namun terkadang penggunaan racun rumput ini akan terasa menguras kantong apabila dilakukan secara terus menerus, apalagi untuk mereka yang memiliki lahan cukup luas. Sehingga disini perlu dilakukan suatu terobosan atau inovasi untuk bisa mengurangi biaya penggunaan herbisida atau obat racun rumput ini.

Salah satu terobosan yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan air kelapa sebagai bahan untuk membuat herbisida organik. Selain bisa menghemat pengeluaran tentunya juga akan lebih ramah lingkungan. Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang rahasia membuat racun rumput yang ampuh dari air kelapa.

Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuat racun rumput dari air kelapa ini? Berikut pembahasan selengkapnya :

Bahan Untuk Membuat Racun Rumput dari Air Kelapa

Untuk membuat herbisida dari air kelapa ini, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan yaitu :

  1. Air Kelapa sekitar 5 Liter
  2. Roundup sekitar 1 Kg
  3. Garam sekitar setengah Kg
  4. Cuka Makan sekitar setengah botol bir
  5. Ragi sebanyak 60 biji
  6. Ember besar 1 buah

Untuk takaran bahan-bahan diatas bisa anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan, dimana untuk ukuran tersebut adalah untuk kapasitas sekitar 8 sampai 10 tangki semprot untuk tiap hektar lahan.

Cara Membuat Racun Rumput dari Air Kelapa

Untuk cara membuatnya sangat mudah sekali, pertama yang perlu anda lakukan adalah haluskan terlebih dahulu ragi-nya, kalau sudah langsung anda campurkan semua bahan yang ada ke dalam ember besar kemudian aduk hingga merata.

Setelah itu tutup ember dengan plastik dan ikat hingga rapat, bisa dengan karet atau pengikat lainnya. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3 hari, setelah itu anda buka dan aduk lagi hingga merata, lalu tutup lagi seperti semula dan diamkan sampai 15 hari setelah itu baru bisa digunakan untuk menyemprot rumput.

Selain cara diatas, anda juga bisa membuat racun rumput dari air kelapa dengan metode dan bahan berikut ini :

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

  1. Herbisida merk Roundup atau Gromoxone ukuran 1 Liter
  2. Air Kelapa sebanyak 2 Liter
  3. Derterjen merk apa saja sebanyak 60 gram
  4. Ragi Tape sebanyak 25 butir
  5. Pupuk ZA sebanyak 1 setengah Kg
  6. Garam seperempat Kg

Cara Membuatnya :

Pertama yang perlu anda lakukan adalah masukan air kelapa ke dalam ember, kemudian masukan ragi dan pupuk ZA ke dalamnya sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Kemudian masukan deterjen sambil terus diaduk dan terakhir masukan herbisida (roundup atau gromoxone), aduk terus sampai semua bahan tercampur rata.

Setelah semua bahan tercampur secara merata tutup rapat ember yang digunakan dengan plastik atau bisa juga dengan memasukannya ke dalam derigen, lalu diamkan selama kurang lebih 12 jam, baru setelah itu bisa digunakan untuk membasmi rumput. Yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh mencampur 2 bahan herbisida kimia menjadi satu.

Dengan memanfaatkan air kelapa ini, maka setidaknya kita bisa menghemat biaya penggunaan herbisida kimia yang harganya cukup mahal dan tidak akan terlalu membebani kantong kita. Selalu dibutuhkan terobosan dan gagasan baru dalam dunia pertanian untuk bisa semakin meningkatkan hasil dan mengurangi pengeluaran, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan penggunaan bahan alami seperti air kelapa ini untuk pembuatan herbisida atau racun rumput.

Demikian lah pembahasan mengenai cara membuat racun rumput dari air kelapa. Semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.