Cara Diet Mayo yang Benar dan Sehat

Cara Diet Mayo yang Benar dan Sehat – Pernahkah sobat sehat mencoba sistem diet mayo? Ini adalah sebuah cara diet yang sedang ngetrend saat ini. Prinsip dasar dari metode diet ini adalah tidak makan makanan yang mengandung garam selama 13 hari. Ketika pantangan tersebut dilanggar maka kita harus mengulangnya lagi dari awal.

Cara Diet Mayo

Pertama kali digagas oleh Mayo Clinic dari USA, metode yang telah lolos uji klinis ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat sejak tahun 2010. Banyak orang termasuk para selebritis telah melakukan dan berhasil menurunkan berat badan mereka secara signifikan.

Penyebab Terjadinya Kegemukan

Perlu diketahui, selain karena timbunan lemak, salah satu penyebab tubuh menjadi gemuk adalah karena adanya air (cairan) yang berlebih di dalam tubuh. Jumlah cairan dapat meningkat jika Anda terlalu banyak mengasup garam melalui makanan, padahal garam memiliki sifat dapat mengikat air. Nah, dengan melakukan sistem diet ini, kelebihan cairan tersebut akan dikeluarkan bersama urin, keringat, dan juga feses.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apakah metode ini dapat menyebabkan dehidrasi? Jawabannya TIDAK. Mengurangi asupan garam memiliki tujuan untuk mencegah pengikatan air di dalam tubuh secara berlebihan. Namun, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh guna melancarkan proses metabolisme serta aliran darah, Anda tetap disarankan minum minimal 8 gelas atau 2 liter air putih perhari.

Makanan Untuk Diet Mayo

Menu makanan diet mayo tidak lah sulit, saat melakukan metode ini seseorang tetap bisa mengkonsumsi beragam menu makanan dengan gizi seimbang, terutama terdiri dari sayur mayur, buah-buahan, dan makanan tinggi protein seperti telur, daging, dan ikan. Konsumsi makanan tinggi protein akan membuat perut merasa kenyang meski tanpa makan banyak karbohidrat tinggi kalori seperti nasi.

Untuk memperoleh asupan tinggi protein, pilihlah bagian dari daging atau ikan yang tidak mengandung banyak lemak. Selain itu, hindari proses memasak dengan cara digoreng, cukup dikukus, dipanggang, atau ditumis sebentar.

Manfaat Diet Mayo Lainnya

Melakukan diet mayo sebenarnya terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengurangi asupan garam tanpa harus meninggalkan beragam menu makanan sehat nan bergizi. Selain dapat mengatasi kegemukan, mengurangi asupan garam juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tentunya, efek tersebut baik bagi mereka penderita penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, seperti penyakit stroke dan jantung.

Tak terbatas pada itu saja, cara menurunkan berat badan seperti ini juga aman dijalani oleh semua usia baik pria maupun wanita. Oleh karena itu, metode ini banyak digemari sebagai pilihan untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Meskipun demikian, untuk melakukan cara ini perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Dengan berkonsultasi, dapat dipastikan apakah seseorang cocok menjalankan diet mayo untuk mengatasi kegemukan.

Selain itu dengan berkonsultasi, dokter maupun ahli gizi dapat memberikan saran terkait menu makanan sehat untuk mendukung program diet mayo yang sedang dijalankan. Semoga artikel tentang cara diet mayo ini bisa membawa manfaat bagi Anda yang sedang merencanakan atau menjalankan program menurunkan berat badan secara sehat.

3