All About Online

Cara Cepat Untuk Mengobati Memar dengan Bahan Alami

0

Memar, yang dikenal sebagai kontusi di bidang medis, ditandai dengan perubahan warna kulit, nyeri dan pembengkakan. Memar berkembang dari pendarahan di bawah kulit yang terjadi saat pembuluh darah pecah. Cara cepat untuk mengobati memar dengan bahan alami dibawah ini, bisa anda coba untuk meredakan bahkan bisa menyembuhkan luka memar anda.

Biasanya mulai sebagai tanda pink atau merah, mereka bisa menjadi biru atau ungu dalam beberapa jam. Warnanya cenderung lebih intens saat kapiler yang pecah lebih dekat ke permukaan.

Anda mungkin lebih rentan terhadap memar, bahkan dari luka ringan, jika Anda memiliki kulit yang menipis, kekurangan nutrisi seperti vitamin C dan K, obesitas, anemia, leukemia, gangguan perdarahan, atau penggunaan obat tertentu.

Bergantung pada beratnya, memar bisa berlangsung berhari-hari atau berbulan-bulan. Tapi, Anda bisa mendapatkan kelegaan gejala dan mempercepat proses penyembuhan dengan menggunakan pengobatan rumah yang mudah dan efektif.

Cara Cepat Untuk Mengobati Memar dengan Bahan Alami

Berikut adalah cara untuk mengobati memar dengan bahan alami.

  1. Kompres Es

Kompres es sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Es membantu menyempitkan pembuluh darah , sehingga mencegah rembesan lebih lanjut darah ke dalam kulit dan jaringan.

  • Bungkus es di kain atau handuk kecil dan tahan selama area yang terkena selama 15 menit. Lakukan ini segera setelah memar. Ulangi setiap beberapa jam selama 24 jam pertama. Jika es tidak tersedia, Anda bisa menggunakan sekantong sayuran beku sebagai gantinya.
  • Bagi mereka yang merasa sangat dingin dari dinginnya es dan merasa tidak nyaman, terutama anak-anak, Anda bisa menggunakan kain yang dibasahi air dingin. Untuk meningkatkan efek menenangkan, tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke air.

Catatan: Jangan gunakan es langsung pada kulit karena bisa memberi Anda radang dingin.

  1. Teh Herbal

Obat alami lainnya ialah teh herbal. Anda juga bisa menggunakan kompres teh dingin untuk menenangkan daerah yang terkena dan mengurangi pembengkakan.

  • Taruh satu sendok teh masing-masing bunga chamomile kering dan bunga lavender di secangkir air panas.
  • Tutup dan biarkan sekitar 15 menit.
  • Saring larutan dan dinginkan.
  • Celupkan kain ke dalam teh herbal yang dingin dan gunakan sebagai kompres dingin.
  • Ulangi ini beberapa kali sehari selama 24 jam pertama.
  1. Vitamin K

Vitamin K membantu mengurangi memar karena mengatur penggumpalan darah.

  • Gosok perlahan krim vitamin K pada area yang terkena dampak dua kali sehari.
  • Konsumsilah lebih banyak makanan kaya vitamin K, seperti alfalfa, bayam, brokoli, selada, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya.
  • Anda juga bisa mengonsumsi tablet vitamin K atau alfalfa, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Catatan: Jangan mengkonsumsi vitamin K jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah atau jika Anda memiliki riwayat peningkatan risiko pembekuan darah.

  1. Kompres Hangat

Setelah beberapa hari pertama atau setelah pembengkakan awal hilang, kompres hangat bisa berguna dalam mengobati memar. Ini membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Cukup rendam kain lap dengan air hangat dan oleskan pada area yang terkena.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan bantalan pemanas. Jangan gunakan panas selama beberapa hari pertama setelah memar muncul; Hal ini dapat menyebabkan peningkatan perdarahan di bawah kulit.

  1. Cuka Apel

Menjadi antiinflamasi alami, cuka sari apel bisa membantu menyembuhkan memar. Gunakan selama beberapa hari sampai Anda melihat perbaikan.

  • Rendam kain atau handuk kertas dalam cuka sari apel dicampur dengan sedikit air dan letakkan di daerah yang terkena luka seperti kompres selama sekitar 10 menit.
  • Anda juga bisa mencelupkan sepotong bawang mentah atau panggang, yang membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, cuka sari apel dan menerapkannya pada area yang terkena. Biarkan selama 15 sampai 20 menit.

Catatan: Jangan menerapkan obat ini pada kulit yang rusak.

Baca Juga : Cara Untuk Mengobati Alergi dengan Bahan Alami

  1. Minyak Atsiri

Setelah beberapa hari, memijat daerah yang memar dengan campuran minyak esensial akan meningkatkan sirkulasi dan membantu membubarkan darah yang terkumpul.

  • Campur lima tetes minyak calendula, dua tetes minyak adas, dan satu tetes minyak cypress dalam empat sendok teh (10 ml) minyak biji anggur.
  • Gosok perlahan campuran minyak ini ke daerah yang terkena.
  • Lakukan ini satu kali sehari.

Selain pengobatan ini, jaga agar daerah yang memar itu tinggi untuk mencegah penyatuan darah di jaringan yang terkena. Plus, jangan terlalu banyak bekerja otot di daerah yang memar.

Itu tadi daftar cara untuk meredakan dan mengobati memar dengan bahan alami. Jika memar terjadi tanpa ada luka atau alasan yang jelas, atau jika daerah sekitar memar menunjukkan tanda-tanda infeksi, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.