All About Online

Cara Ampuh Untuk Mengobati Kudis

0

Kudis adalah kondisi kulit yang sangat tidak nyaman dan menular yang biasa terlihat pada anak-anak dan dewasa muda. Hal ini dapat menyebar dengan cepat di antara orang-orang dalam kondisi ramai yang memiliki kontak langsung satu sama lain, seperti di pusat penitipan anak dan panti jompo. Cara ampuh untuk mengobati kudis dengan bahan alami atau tradisional, bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Hal ini disebabkan oleh tungau, yang dikenal dengan nama Sarcoptes Scabiei, yang bisa bertahan hingga satu bulan hidup di kulit manusia. Kudis umumnya muncul di tulang belikat, pantat, di bawah payudara, telapak kaki, di sekitar pinggang, di antara jari-jari, di lutut, di sekitar area genital, di dekat siku dan di ketiak.

Gejala umum kudis meliputi rasa sakit, gatal, ruam dan kemerahan di sekitar daerah yang terinfeksi. Bisa juga bengkak dan lepuh.

Tungau tersebut menyebar ke orang lain melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, berbagi barang pribadi milik orang yang terinfeksi dan kontak seksual dengan orang yang memiliki infestasi.

Pengobatan yang tepat sangat penting untuk mengurangi gejala kudis. Ada over-the-counter serta obat resep untuk kudis. Namun, Anda bisa memulai perawatan di rumah dengan mencoba beberapa solusi alami sederhana yang menggunakan bahan yang tersedia.

Cara alami untuk menenangkan kudis gatal dan gejala lainnya adalah dengan merendam daerah yang terkena air dingin selama 10 menit, tepuk kulit Anda dengan handuk bersih lalu oleskan beberapa lotion kalamin, yang bisa Anda beli dari pasaran tanpa resep dokter.

Sebagai alternatif, Anda bisa meletakkan lap basah yang dilumuri air dingin di kulit yang teriritasi dan kemudian oleskan beberapa lotion kalamin. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

Cara Ampuh Untuk Mengobati Kudis

Berikut ini adalah daftar cara, untuk mengobati kudis dengan bahan alami/tradisional.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang membantu membunuh parasit yang menyebabkan kudis. Selain itu, kualitas anti-inflamasi, desinfektan, antiseptik, antiparasit, antibakteri, antijamur dan penyembuhan luka minyak pohon teh membantu mengobati kudis.

  • Campur satu sendok makan masing-masing minyak pohon teh dan minyak zaitun. Gunakan bola kapas untuk menerapkan solusi pada area yang terkena. Lakukan ini dua kali sehari selama dua sampai tiga minggu. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit saat mempercepat proses penyembuhan.
  • Sebagai alternatif, tambahkan 10 sampai 12 tetes minyak pohon teh murni ke bak air suam-suam kuku. Mandi di air ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

Catatan: Ibu hamil dan ibu menyusui harus menghindari penggunaan minyak pohon teh. Selain itu, minyak pohon teh bisa mengiritasi kulit sensitif. Jika Anda memiliki kulit sensitif, uji perawatan di area kecil terlebih dahulu.

  1. Minyak Neem

Cara ampuh untuk mengobati kudis selanjutnya ialah minyak nimba, pestisida botani yang digunakan untuk mengobati banyak masalah kulit termasuk kudis. Ini mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menghilangkan bakteri dan jamur yang terperangkap di kulit. Bau minyak nimban mencegah kudis dari reproduksi, yang bisa sangat mempersingkat durasi masalah.

  • Oleskan minyak nimba murni langsung ke daerah yang terkena dan pijatan dengan lembut sampai minyak menembus jauh ke dalam kulit. Tunggu beberapa menit lalu mandi. Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu untuk mencegah penyebaran infeksi.
  • Buat krim antiseptik dengan menggabungkan dua ons minyak nimba dengan jumlah bubuk kunyit yang baru. Oleskan krim pada area yang terkena dua atau tiga kali sehari. Krim buatan sendiri ini membantu menenangkan rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan.
  1. Daun Neem

Daun nimba

Daun nimba juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kudis karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Daun nimba membantu mengurangi gatal dan bisa membersihkan tungau hanya dalam beberapa hari.

  • Buatlah pasta dari segenggam daun nimba segar dengan cara menghancurkannya dengan alu dan lesung. Cuci daerah yang terkena secara menyeluruh dan kemudian oleskan pasta neem. Biarkan kering secara alami dan kemudian mandi untuk membersihkannya. Lakukan ini setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan.
  • Rebus beberapa daun nimba dalam secangkir air. Biarkan dingin sampai suhu kamar. Minumlah satu sendok makan cairan tiga atau empat kali sehari. Ulangi ini selama satu atau dua minggu untuk memastikan tungau dan kudis habis sama sekali.

Lihat juga : Cara Mengobati Herpes dengan Bahan Alami

  1. Cabe rawit

Cabai rawit akan membakar dan membunuh tungau, sehingga menghilangkan masalah kudis.

  • Campur satu cangkir cabai rawit dalam air mandi air panas.
  • Rendam dalam air mandi sampai air menjadi dingin. Pastikan untuk tidak mendapatkan air di mata Anda, karena lada akan menyebabkan sensasi terbakar.
  • Bilas dari cabe rawit dengan air dingin.
  • Ulangi sekali sehari sampai kudis diobati.

Catatan: Obat ini tidak boleh digunakan oleh penderita kulit sensitif.

  1. Zink

Seng tidak akan secara langsung mengobati kudis, tapi ini akan sangat membantu mencegah wabah jamur dan melawan infeksi kulit sekunder.

  • Menggiling dua atau tiga tablet seng menjadi bubuk halus. Tambahkan sedikit air untuk membuat pasta kental. Anda juga bisa menambahkan sedikit kunyit agar lebih efektif.
  • Oleskan pasta pada kulit yang terkena. Biarkan selama setidaknya setengah jam atau sampai mengering secara alami.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Ulangi sekali sehari sampai infeksi kudis hilang.

Pada saat yang sama, makan lebih banyak makanan kaya seng seperti biji bunga matahari, produk gandum utuh, dedak gandum, kedelai, dan lain-lain.

  1. Kunyit

Cara ampuh untuk mengobati kudis lainnya adalah kunyit, yang merupakan salah satu ramuan ajaib dengan khasiat antiseptik dan anti-inflamasi yang bisa sangat meringankan gejala kudis.

  • Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dan beberapa tetes jus lemon dan air untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta pada kulit yang terkena dan biarkan selama sekitar satu jam. Kemudian bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini sekali sehari sampai Anda melihat perbaikan yang berarti.
  • Campur satu sendok teh bubuk kunyit dan nimba. Tambahkan air untuk membentuk pasta halus. Aduk pasta di daerah yang terkena dan biarkan kering dengan sendirinya. Setelah sudah kering, mandi atau mandi untuk mencuci. Ulangi ini sekali sehari.
  1. Cuka Putih

Sifat asam cuka putih mengubah tingkat pH kulit. Telah ditemukan bahwa setiap perubahan pada tingkat pH menyebabkan tungau mati.

  • Campurkan cuka putih dan air secukupnya secara menyeluruh dalam mangkuk.
  • Dengan menggunakan bola kapas, oleskan larutan pada kulit yang terkena.
  • Biarkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air suam-suam kuku.

Ulangi tiga kali sehari selama 10 sampai 15 hari untuk melawan infeksi sepenuhnya.

  1. Aloe Vera

lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat antimikroba dan banyak khasiat obat alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan kudis, gigitan serangga dan banyak kondisi kulit lainnya.

  • Oleskan gel aloe vera segar ke kulit yang terkena. Biarkan selama setengah jam kemudian bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi dua atau tiga kali sehari selama beberapa minggu sampai Anda melihat perbaikan.
  • Giling segenggam kelopak calendula bersama dengan sedikit bubuk kunyit. Tambahkan dua sendok makan gel aloe vera dan campurkan dengan baik. Oleskan pasta pada kulit yang terkena dan biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan ini dua kali sehari selama beberapa minggu untuk pemulihan total.
  1. Minyak Lavender Murni

Cara ampuh untuk mengobati kudis yang selanjutnya ialah minyak lavender murni, yang bisa meregenerasi sel kulit dan membunuh parasit seperti tungau yang menyebabkan kudis.

  • Tambahkan lima tetes minyak lavender murni untuk menghangatkan air mandi. Rendam dalam air mandi ini paling sedikit 15 menit. Ini akan membantu menenangkan kulit dan memberikan sedikit kelegaan dari rasa gatal. Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.
  • Campur sejumlah minyak lavender murni dan alkohol bekas. Oleskan pada area yang terkena dan pijatan dengan lembut sehingga menembus dan menjemur kulit. Ini akan membantu membunuh tungau dan telurnya. Lakukan ini dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.