All About Online

Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

0

Kita sering menyentuh, memencet, dan menekan jerawat. Apa pun cara kita lakukan untuk menyingkirkan jerawat yang tak sedap dipandang. Tapi para ahli memperingatkan agar hal ini jangan terlalu sering dilakukan. Beberapa cara ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan bahan tradisional dan relatif lebih cepat, bisa anda praktekkan sendiri ya.

Ketika kita memencet jerawat akan memperburuk keadaan, meningkatkan risiko infeksi dan merusak kesehatan kulit di sekitar jerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum, jerawat adalah radang kulit yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang kelenjar sebaceous, yaitu kelenjar minyak yang terletak di dasar folikel rambut.

Jerawat juga terjadi ketika kelenjar menjadi terlalu aktif dan pori-pori kulit tersumbat. Faktor yang berkontribusi meliputi peningkatan hormon seks dan androgen dalam tubuh, makan makanan berlemak, faktor keturunan, penggunaan produk kosmetik, dan rejimen perawatan kulit yang buruk.

Jerawat bervariasi dalam ukuran dan sering terbentuk di wajah, punggung, bahu, leher dan dada . Orang dengan kulit berminyak bisa lebih rentan terhadap jerawat, tapi mereka yang memiliki kulit kering atau normal juga bisa terkena jerawat.

Remaja biasanya menderita jerawat saat mereka mengalami masa pubertas karena perubahan hormonal di tubuh mereka.

Bahkan, lebih dari 80 persen remaja berjuang untuk melawan jerawat. Orang dewasa pun bisa terkena jerawat juga.

Anda dapat memilih obat bebas atau resep untuk mengatasinya. Anda juga bisa menyingkirkan jerawat dengan mudah menggunakan obat alami yang relatif lebih aman. Menggunakan obat ini lebih baik daripada memencet atau meremas.

Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Berikut ini adalah cara mudah untuk mengatasi jerawat, yang cukup mudah di dapan bahannya.

  1. Jus lemon

Cara ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan bahan tradisional adalah dengan jus lemon, pada jus ini dapat secara efektif mengobati jerawat dalam beberapa hari. Ini mengandung vitamin C tinggi, yang bagus untuk semua jenis kulit, dan sifat asamnya membantu mengelupas kulit. Plus, itu adalah zat yang akan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat.

  • Celupkan bola kapas ke dalam dua sendok makan jus lemon segar dan oleskan pada jerawat Anda. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bersihkan dengan air suam-suam kuku. Ulangi prosesnya dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari.
  • Campur jus lemon dan air mawar secukupnya. Oleskan campuran pada jerawat dan biarkan selama 30 menit. Lalu, cuci muka dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini dua kali sehari selama seminggu.
  • Campur satu sendok makan jus lemon dengan satu sendok teh minyak kacang tanah dan oleskan pada area kulit yang terkena. Biarkan sampai kering sendiri sebelum membilasnya dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini sekali sehari selama seminggu.

Catatan: Untuk hasil lebih cepat, gunakan jus lemon segar dan bukan versi kemasannya, yang mengandung bahan pengawet.

  1. Pasta Gigi

Pasta gigi yang Anda gunakan untuk membersihkan gigi Anda juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Pasta gigi bisa membantu mengeringkan jerawat dengan cepat karena bahan baking soda, hydrogen peroxide, alcohol dan menthol. Namun, Anda hanya boleh menggunakan pasta gigi putih. Jangan gunakan whitening, gel, atau pasta gigi berwarna.

  • Oleskan sedikit pasta gigi pada jerawat Anda.
  • Biarkan selama dua jam atau semalam.
  • Cuci dengan lap basah dan kemudian oleskan pelembab yang menenangkan.
  • Ulangi sekali sehari selama satu atau dua minggu.

Catatan: Jika pasta gigi menyebabkan iritasi, cobalah obat lain.

  1. Bawang Putih

Cara ampuh untuk menghilangkan jerawat lainnya adalah Bawang putih, yang juga bisa digunakan sebagai pengobatan rumah yang efektif untuk jerawat karena sifat antibakterinya dan kandungan sulfurnya . Ini juga penuh dengan antibiotik, antijamur, antiseptik dan khasiat penyembuhan lainnya.

  • Potong siung bawang putih menjadi dua dan gosok bagian pada jerawat Anda. Biarkan selama lima sampai 10 menit dan kemudian cuci muka. Ulangi proses ini beberapa kali sehari selama beberapa hari.
  • Anda juga bisa makan satu atau dua siung bawang putih mentah setiap hari pada waktu perut kosong untuk memurnikan darah Anda, yang akan membantu mengurangi jerawat.
  1. Uap

Uap bisa membantu meringankan sejumlah masalah kulit ringan, termasuk jerawat.

Uap membantu membuka pori-pori tersumbat, membiarkan kulit bernafas. Bakteri, kotoran dan minyak yang terperangkap jauh di dalam kulit juga akan siram habis.

  • Rebus segelas air dan tuangkan ke dalam mangkuk besar. Biarkan suhu air dingin sedikit agar uap tidak membakar kulit Anda.
  • Letakkan wajah Anda di atas mangkuk dan letakkan handuk tebal di atas kepala Anda untuk menjebak uapnya.
  • Setelah 10 sampai 15 menit, lepaskan handuk dan tepuk wajah Anda sampai kering. Lalu oleskan pelembab bebas minyak.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari selama empat atau lima hari untuk mengurangi jerawat dan membuat kulit Anda bersinar.
  1. Kompres Es

Es membantu mengobati jerawat dengan memperbaiki sirkulasi darah di area kulit yang terkena. Ini juga membantu membekukan pori-pori kulit tersumbat, yang dapat menghilangkan partikel minyak dan kotoran yang terkumpul di kulit. Es juga akan mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat.

  • Bungkus es batu atau es yang ditaruh pada kain katun bersih dan tekan perlahan di area yang terkena selama beberapa detik.
  • Tunggu beberapa menit dan ulangi prosesnya tiga atau empat kali.
  • Lakukan ini dua kali sehari untuk menghilangkan jerawat dalam satu atau dua hari.

Catatan: Jangan sekali-kali menerapkan es secara langsung pada kulit Anda karena bisa menyebabkan pembakaran es.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Lingkaran Gelap di Bawah Mata

  1. Kunyit

Tahukah anda ternyata kunyit memiliki khasiat antiseptik yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah jerawat terbentuk. cara ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan bahan ini pun mudah didapat. Kunyit ini juga merupakan antioksidan yang baik, yang membantu mengobati jerawat dan peradangan yang disebabkan olehnya .

  • Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan beberapa tetes air untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta pada kulit yang terkena dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan ini dua kali sehari selama seminggu.
  • Campur satu sendok makan masing-masing kunyit dan jus dari daun ketumbar untuk membuat pasta kental. Usapkan pasta pada jerawat Anda dan biarkan sampai kering sendiri sebelum mencucinya. Ulangi prosesnya satu atau dua kali sehari.
  • Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh kunyit ke segelas susu hangat dan meminumnya secara teratur sebelum tidur untuk mencegah jerawat.
  1. Kayu manis

Kayu manis juga bisa membantu mengobati jerawat karena sifat antibakteri, antioksidan dan anti-inflamasinya. Kombinasi bubuk kayu manis dan madu adalah obat rumah yang sangat populer untuk jerawat.

  • Campur dua sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis untuk membuat pasta kental.
  • Oleskan pasta pada area kulit yang terkena dan biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Bilas dengan air suam-suam kuku, tepuk wajah Anda hingga kering lalu oleskan pelembab ringan.
  • Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.
  1. Cuka Apel

Cuka sari apcl memiliki khasiat antibiotik dan astringent alami yang membuatnya menjadi bahan yang efektif untuk mengobati jerawat. Kualitas antiseptik dari cuka sari apel juga membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, ini akan membantu mengembalikan keseimbangan pH yang tepat ke kulit, yang membuat bakteri semakin sulit berkembang.

  • Tambahkan satu bagian cuka sari apel murni yang tidak disaring ke tiga bagian air.
  • Celupkan bola kapas ke dalam larutan dan oleskan langsung pada area kulit yang terkena.
  • Biarkan selama 10 menit dan kemudian bersihkan wajah Anda dengan air.
  • Oleskan pelembab ringan untuk mencegah kekeringan.
  • Ulangi prosesnya satu atau dua kali sehari untuk hasil yang cepat.
  • Lakukan ini selama beberapa hari atau sampai Anda melihat perbaikan.
  1. Kulit Jeruk

Cara ampuh untuk menghilangkan jerawat terakhir kulit jeruk, yang memiliki sifat astringent yang membantu menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori . Ini juga mengeringkan jerawat dengan cepat. Plus, vitamin C dalam kulit jeruk meningkatkan pertumbuhan sel baru dan sehat.

  • Blander atau haluskan kulit jeruk kering menjadi bubuk.
  • Tambahkan air ke kulit buah untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta pada jerawat Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Cuci dengan air hangat.
  • Lakukan ini sekali sehari selama seminggu untuk melihat hasil positif.

Lain kali jika Anda melihat jerawat di wajah Anda, coba saja pengobatan ini dan lihat hasil perbedaanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.