All About Online

Cara Alami Memutihkan Ketiak

Cara alami memutihkan ketiak bisa anda lakukan sendiri, dengan bahan-bahan yang relatif mudah didapat. Ada banyak faktor yang membuat ketiak gelap. Kulit ketiak merupakan kulit yang cukup sensitif. Jika tidak dijaga dengan baik, berbagai masalah bisa timbul, misalnya ketiak menjadi bau atau berwarna hitam. Warna kulit ketiak yang hitam, membuat penampilan menjadi tidak menarik. Kulit ketiak hitam dikarenakan sel kulit mati yang menumpuk atau akibat terlalu sering mencukur rambut ketiak. Selain itu juga bisa dikarenakan bakteri yang bersembunyi di dalamnya karena bakteri menyukai tempat lembab dan berkeringat.  Untuk itu, terdapat cara alami memutihkan ketiak menggunakan bahan bahan alami yang aman dan juga tidak berbahaya.

Cara Alami Memutihkan Ketiak

Simaklah penjelasannya berikut ini:

1. Jeruk nipis

Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai cara alami memutihkan ketiak. Kandungan vitamin C sudah dikenal memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit dan sebagai antioksidan. Selain itu juga mampu melawan bakteri dan menghilangkan tumpukan sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Cara penggunaannya yaitu:

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis
  2. Iris dan peras sari jeruk nipis
  3. Dengan kapas atau kuas, oleskan perasan jeruk nipis ke ketiak
  4. Biarkan selama 10 menit agar meresap. Biarkan sampai sedikit mengering
  5. Lalu bilas dengan dengan air bersih
  6. Lakukan secara rutin dua hari sekali untuk ketiak cerah lebih cepat

2. Baking soda

Baking soda digunakan untuk memutihkan ketiak. Baking soda dapat mengangkat sel kulit mati penyebab kulit ketiak hitam. Cara alami memutihkan ketiak dengan baking soda, yaitu:

  1. Siapkan satu sendok baking soda
  2. Campurkan sedikit air, sampai membentuk pasta lembek
  3. Oleskan pada ketiak
  4. Tunggu hingga 15 menit
  5. Lalu bersihkan dengan air biasa
  6. Lakukan hal ini secararutin dua kali seminggu
  7. Hentikan jika terjadi iritasi seperti gatal, kemerahan, atau rasa perih

3. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi. Begitu juga dengan mentimun, memiliki manfaat sebagai antioksidan dan membantu mengangkat sel sel kulit mati penyebab ketiak hitam. Dengan begitu, sel kulit baru dapat tumbuh. Mentimun juga menjaga kelembaban kulit ketiak dan sekitarnya sehingga tetap terasa segar. Cara menggunakannya yaitu:

  1. Siapkan satu buah mentimun
  2. Iris tipis tipis lalu haluskan dengan memblendernya
  3. Gunakan sari mentimun untuk masker ketiak dengan cara mengoleskan sari mentimun pada ketiak
  4. Diamkan hingga kering kurang lebih 60 menit
  5. Bias ketiak dengan air bersih
  6. Anda pun bisa mencampurkannya dengan bahan bahan lainnya untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : Cara Alami Memutihkan Gigi

4. Kentang

Kentang memiliki peranan yang sama dengan mentimun. Kentang juga memiliki sifat menyegarkan pada kulit dan menghambat penumpukan sel kulit mati. Kentang juga mengandung zat asam yang berfugsi untuk membunuh bakteri yang berkolonisasi di ketiak. Bakteri ini juga yang menyebabkan ketiak menjadi bau. Cara alami memutihkan ketiak menggunakan kentang juga sama seperti mentimun, yaitu:

  1. Siapkan satu buah kentang, kupas, bersihkan terlebih dahulu
  2. Lalu haluskan buah kentang, dan aplikasikan kentang yang sudah halus sebagai masker ketiak
  3. Oleskan secara merata pada ketiak, dan biarkan selama 60 menit
  4. Setelah itu bilas dengan air biasa
  5. Gunakan dengan sering untuk hasil yang maksimal

5. Kulit jeruk

Cara alami memutihkan ketiak selanjutnya yaitu dengan kulit jeruk. Manfaat kulit jeruk ini hampir sama dengan jeruk nipis yang sudah dijelaskan diatas. Yaitu dengan kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan, antibakteri, dan mampu mengangkat sel kulit mati, mampu menggantikan kulit ketiak yang hitam dengan sel sel kulit baru. Caranya yaitu:

  1. Siapkan kulit jeruk
  2. Jemur kulit jeruk di bawah terik matahari sampai kering
  3. Haluskan kulit jeruk sampai menyerupai serbuk
  4. Kemudian tambahkan sedikit air pada serbuk kulit jeruk dan campurkan
  5. Oleskan pada ketiak Anda dan diamkan selama 10 menit
  6. Bilas dengan air biasa
  7. Selanjutnya aplikasikan pelembab seperti lidah buaya, madu atau lainnya agar tidak iritas
  8. Bilas dengan air bersih dan lakukan secara teratur

Baca Juga : Cara Alami Memerahkan Bibir Paling Mudah

6. Yogurt

Yogurt memberikan kelembaban pada kulit, mengangkat sel kulit mati dan juga mencerahkan kulit. Yogurt juga sering digunakan sebagai campuran kosmetik untuk kulit. Caranya:

  1. Ambil 2 sendok yogurt lalu oleskan pada ketiak secara merata
  2. Biarkan selama 15 sampai 20 menit
  3. Bilas dengan air bersih dan lakukan kembali setiap hari secara rutin

7. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi dan juga vitamin C. Cara kerja dan efek dari penggunaan lidah buaya sama dengan yang lainnya. Selain memberikan kelembaban lidah buaya juga mencerahkan keriak. Caranya yaitu:

  1. Ambil irisan lidah buaya, ambil gelnya dan masukkan dalam wadah
  2. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak dan diamkan selama 15 menit
  3. Kemudian bilas dengan air biasa

8. Minyak kelapa atau minyak zaitun

Minyak kelapa dan minyak zaitun mengandung vitamin E dan berperan untuk kesehatan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan meregenerasi sel kulit. Cara penggunaannya yaitu:

  1. Oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun pada ketiak
  2. Diamkan selama 15 menit
  3. Bilas dengan air bersih
  4. Lakukan secara rutin setiap hari

9. Hindari mencabuti bulu ketiak

Mencabuti bulu ketiak bisa menyebabkan inflamasi atau peradangan pada pori pori kulit ketiak. Nah peradangan inilah yang biasa disebut iritasi. Kondisi iritasi memunculkan rasa nyeri, perih, dan juga tidak nyaman. Lama kelamaan hal ini menyebabkan warna kulit ketiak menjadi hitam. Karena kulit ketiak juga cukup sensitif, maka mencabut bulu ketiak juga sebaiknya dihindari.

10. Minimalisir penggunaan deodoran

Deodoran memiliki kandungan kimiawi yang dapat berefek menjadikan kulit ketiak berwarna hitam. Jika ketiak berkeringat lebih baik membilas dengan tisu basah lalu dikeringkan dengan tisu kering. Berbagai macam deodoran yang dipromosikan tidak menyebabkan ketiak hitam juga sudah banyak bermunculan. Namun, yang namanya bakan kimia tentu tidak lebih baik dibandingkan bahan alami, dan belum tentu juga bisa menjamin hal tersebut.

Cara alami memutihkan ketiak ini cukup sederhana bukan? Bahan bahannya pun mudah didapatkan dan sering Anda jumpai. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan bahan bahan yang tidak dipakai lagi dan biasa dibuang, seperti kulit jeruk, kulit pisang. Bahan alami ini juga aman bagi tubuh, tidak memiliki efek samping yang membahayakan. Kandungan alaminya juga menjaga kulit untuk tetap lembab dan halus. Sehingga kini Anda tidak perlu takut lagi dalam berpenampilan. Anda sudah tidak perlu lagi bingung menutupi ketiak dan tidak percaya diri ketika menggunakan baju terbuka. Penampilan Anda kini menjadi sempurna dengan kulit ketiak yang bersih, putih, dan sehat. Selain itu kombinasikan dengan banyak konsumsi buah buahan dan sayuran hijau, juga minum air putih yang banyak untuk menjaga keseluruhankulit cantikmu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.