All About Online

Cara Alami Memutihkan Gigi

Bagaimana sih cara alami memutihkan gigi? lalu kiat apa saja yang bisa kamu lakukan agar gigi anda bisa putih kembali, dan tidak kecoklatan ataupun gigi kuning. Datang pada acara dengan teman teman yang banyak adalah hal yang menyenangkan. Berkumpul dan berbincang bincang dengan banyak teman ataupun berkencang dengan sang kekasih juga merupakan aktivitas yanng menyenangkan. Namun, bagaimana jika kemudian Anda menyadari bahwa gigi Anda tampak kuning dibandingkan lawan bicara Anda? Wow, hal yang cukup membuat Anda salah tingkah dan tidak bisa leluasa menjadi diri sendiri. Bahkan kondisi tersebut akan membuat Anda secara tiba tiba menjadi lebih pendiam, jarag tersenyum dan berbicara karena tidak PD dengan gigi kuning. Nah, untuk menghindari keadaan tidak nyaman seperti itu, alangkah baiknya jika Anda selalu menjaga gigi untuk tetap putih dan bersih.

Cara alami memutihkan gigi sebenarnya tidak sulit. Anda juga bisa menggunakan bahan bahan alami yang mudah didapatkan, dan tentunya aman bagi kesehatan. Teknologi modern terkini juga sudah ada untuk memutihkan gigi misalnya dengna menggunakan metode laser. Namun teknologi ini masih memiliki harga yang cukup mahal dan kurang praktis. Gigi kuning bisa disebabkan banyak faktor. Faktor yang dapat menguningkan gigi antara lain terlalu sering minum kopi atau kafein, makan makanan berlemak, minum atau makan yang panas, dan lainnya.

Cara Alami Memutihkan Gigi

Berikut ini adalah ulasan cara alami memutihkan gigi:

  1. Siwak

Siwak atau disebut juga miswak merupakan batang ranting atau kayu siwak yang memiliki kandungan mineral dan berfungsi sebagai antibiotik, dapat mencegah gigi berlubang, membersihkan plaq, dan juga menjaga kesehatan gusi. Cara penggunaannya yaitu cukup dengan gosok gosokkan ujung ranting siwak pada gigi Anda. Memang harus berhati hati sedikit, pada penggunaan awal karena sifat rantinf yang masih kaku. Manfaat dari siwak ini sebagai cara alami memutihkan gigi ada banyak, yaitu:

  • Sebagai antibakteri. Yaitu berfungsi dapat membunuh bakteri yang bersembunyi di sela sela gigi
  • Kandungan klorida, potasium, sodium karbonat, sulfur, silica, tannin, mineral, vitamin C, dan banyak lagi lainnya bermanfaat membersihkan gigi dan memutihkan gigi. Kandungan pada siwak ini juga mirip seperti kandungan kandungan yang biasa digunakan untuk membuat pasta gigi.
  • Menghilangkan bau mulut
  • Memiliki kandungan enzim yang mencegah plak bersarang pada gigi.
  • Mencegah pembusukan akibat adanya kolonisasi dari bakteri.
  1. Kulit jeruk

Kulit jeruk juga bisa digunkaan untuk memutihkan gigi. Selain sari jeruk yang memiliki kandungna vitamin C, kulit jeruk pun juga. Vitamin C dan kandungan lainnya memiliki anti bakterial dan juga memutihkan. Kandungan lainnya yaitu:

  • Zat pektin, kulit jeruk memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin merupakan zat yang mudah larut, dan juga memiliki berat molekul tinggi.
  • Minyak astiri, berfungsi sebagai anti bakteri aktid untuk membunuh mikroba, virus, maupun jamur yang masuk pada mulut dan biasa bersembunyi di sela sela gigi.
  1. Lemon

Lemon dapat memutihkan gigi dengan kandungan kandungannya. Berikut ini manfaat kandungan lemon: Pektin, minyak astiri, beta pinene, citral felandren, bioflavonoids, fosfor, zat besi, vitamin A, B, C, dan lainnya memiliki efek yang sama yaitu mencegak plaq, memutihkan gigi, dan membersihkan gigi.

Cara menggunakan lemon adalah dengan mencampurkannya dengan sedikit garam, lalu gosok gosok pada gigi. Garam berfungsi sebagai scrub agar lapisan kotoran pada gigi bisa terangkat dan gigi bersih sampai dasar email gigi dan mampu mencerahkan gigi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

  1. Baking soda

Baking soda biasa digunakan sebagai pembersih, pemutih, dan juga digunakan untuk banyak hal. Misalnya untuk membuat kue sehingga kue tampak bersih, mengembang, dan cantik. Baking soda juga ternyata efektif untuk membersihkan bagian  bagaina yang kotor lho! Misalnya membersihkan kerak air di kamar mandi, membersihkan sepatu, dan lain sebagainya. Caranya yaitu:

  • Siapkan baking soda
  • Ambil beberapa gunakan sikat gigi sekerti mengambil pasta
  • Gosokkan pada gigi selama 5 sampai 10 menit
  • Sesudahnya kumur kumur dengan air dan gosok gigilah kembali dengan pasta gigi biasa
  • Kumur kumur
  • Gunakan secara teratur antara 1 sampai 2 kali dalam sebulan. Jangan terlalu sering, karena baking soda juga bisa mengkikis email gigi jika terlalu banyak dan sering.
  1. Arang

Arang memiliki kadar basa yang berfungsi memutihkan gigi. Kadar penggunaan arang yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk tubuh, namun jika kadarnya diatur dan minimal makan dapat digunakan. Cara alami memutihkan gigi dengan arang adalah dengan mencampurkan serbuk arang pada pasta gigi dan kemudian dipakai untuk gosok gigi. Cara pembuatannya yaitu:

  • Gerus arang sampai halus lalu ayak sampai tersaring arang yan gsangat lembut.
  • Campurkan pada pasta gigi, aduk aduk tanpa air. Perbandingannya 2 : 1.
  • Simpan pada wadah tertentu sehingga mudah digunakan lagi

Jika sudah gosok gigi dengan pasta arang tadi, kemudian berkumur. Setelah itu, gosok gigi Anda kembali menggunakan pasta gigi biasa hingga bersih dan tidak meninggalkan bekas arang.

Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dalam Waktu 3 Hari

  1. Kulit pisang

Kulit pisang biasannya dibuang, namun ternyata kulit pisang juga memiliki manfaat lainnya yang salah satunya yaitu untuk memutihkan gigi. Kulit pisang memiliki kandungan air, vitamin C, kalsium, vitamin B, protein, serotonin, minyak nabati, dan lainnya. Komposisi unsur kandungan ini juga menyehatkan untuk tubuh. Cara penggunaannya yaitu:

  • Ambil kulit pisang
  • Gosokkan lapisan dalam pisang ke gigi selama 5 menit
  • Diamkan sebentar, lalu bersihkan dengan tisu
  • Setelah itu gosok lah gigi dengan pasta gigi biasa
  • Lakukan dengan sering untuk membuat hasil yang maksimal

Baca Juga : Cara Alami Memerahkan Bibir Paling Mudah

  1. Jahe

Jahe biasa dikenal sebagai bahan masakan atau pun untuk jamu kesehatan. Karena memang manfaat jahe sangatlah banyak untuk tubuh. Jahe juga bermanfaat mengobati sakit gigi, sebagai antibakteri, dan dapat memutihkan gigi kuning. Caranya yaitu :

  • Kupas jahe dari kulitnya secukupnya
  • Lalu gosokkan pada gigi secara merata, selama 3 menit
  • Jangan dibiarkan terlalu lama, karena akan terasa pedas dan tidak enak di mulut
  • Segera bilas dengan air bersih
  • Lalu gosoklah gigi dengan pasta gigi biasa dan berkumur
  1. Permen karet

Permen karet yang digunakan adalah yang tanpa gula. Permen karet membantu membersihkan gigi dari kotoran dan bakterid alam mulut. Selain itu gigi menjadi lebih sehat dan juga lebih putih. Permen karet saat ini juga ada yang sudah mengandung berbagai zat untuk pemutih gigi atau enzim yang menyehatkan gigi seperti xylitol. Jenis permen karet yang demikian lebih disarankan.

Banyak sekali cara alami memutihkan gigi dengan bahan bahan yang ada disekitar Anda. Cara ini jauh lebih aman dan memberikan efek yang juga efektif. Penggunaan beberapa kali akan memberikan hasil yang terlihat. Anda bisa mendapatkan bahan bahannya dengan mudah dan juga dengan harga yang tidak mahal. Maka dari itu, untuk apa mengeluarkan uang yang mahal untuk treatment pemutihan gigi jika hasil yang didapatkan juga sama. Andapun bisa menghemat waktu untuk kegiatan lainnya. Cara alami memutihkan gigi ini juga aman bagi tubuh Anda, tidak merusak lapisan gigi, dan justru memberikan manfaat manfaat lain yang memperkuat gigi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.