All About Online

Beli Rumah Second dengan Harga Terbaik? Kuasai Tips Menawar Harganya Yuk!

Murah atau tidaknya sebuah hunian dijual memang hanya calon pembeli yang bisa menentukan. Beberapa orang menganggap rumah dijual murah adalah rumah bersubsidi pemerintah yang memiliki harga di kisaran 140 jutaan. Beberapa lainnya justru menafsirkan harga murah rumah sangat berdasar pada kemampuan daya beli yang dimiliknya.

Bahkan ada juga yang menganggap harga murah rumah dijual hanya bisa didapatkan saat berhasil melakukan tawar menawar saat bertransaksi hunian tersebut. Tawar menawar diketahui merupakan hal yang lumrah dilakukan dan merupakan hak untuk pembeli. Proses ini biasanya hadir pada penjualan rumah-rumah secondary atau rumah dijual over kredit.

Jik Anda saat ini berminat untuk menawar sejumlah rumah dijual secondary memperhatikan dan mempertimbangkan sejumlah hal dalam proses tawar menawar. Agar Anda mendapatkan harga rumah dijual secondary yang terbaik, beberapa poin di bawah ini harus diperhatikan dan dikuasai

Pahami Faktor Lain Selain Harga

Terlalu cinta atau meminati rumah dijual sangat tidak disarankan. Bagaimana tidak, perasaan seperti ini justru akan membuat Anda menutup telinga dan langsung saja meneken kontrak dari hunian yang ditawarkan.

harga murah rumah dijual

Ingat, selain harga, Anda harus memahami seluk beluk spesifikasi properti. Jangan sampai spesifikasi hunian tersebut di bawah standar Anda karena akan sangat memungkinkan Anda mengeluarkan biaya lebih untuk mencapai standar yang Anda tentukan.

Biasakan untuk menyurvei secara fisik atau survei harga kisaran properti disekitaran. Bisa saja Anda menemukan properti serupa dengan nominal harga yang lebih murah di bawah hunian tersebut.

Skill Negosiasi

Sudah jadi hal yang lumrah dalam jual beli rumah atau properti lain, Anda akan mengalami proses tawar menawar harga. Disini, skill negosiasi Anda akan diuji benar-benar. Ingat, tidak ada harga yang tidak bisa ditawar jika membeli langsung kepada penjual bukan developer.

Dalam proses negosiasi harga, sudah sewajarnya masing-masing pembeli dan penjual menawarkan harga yang diinginkan. Sebagai pembeli, Anda harus pintar dalam menentukan harga terbaik baik untuk Anda ataupun penjual.

Proses negosiasi harga pada dasarnya tidak bisa langsung jadi. Untuk itu Anda harus bersabar dan fleksibel kepada penjual. Rata-rata, penjual properti membutuhkan sejumlah waktu untuk memutuskan harga penawaran yang Anda berikan.

Menentukan Batas Maksimal Harga Penawaran

Berkenaan dengan negosiasi harga, ada baiknya Anda menentukan nilai termahal dan termurah dari hunian yang diincar.  Harga termahal berfungsi untuk membatasi kemampuan pembayaran Anda. Jika penjual kekeuh menawarkan harga di atas harga maksimal tersebut, hentikan negosiasi segera. Anda tentu akan sangat merugi atas transaksi tersebut.

Disamping harga termahal, Anda juga harus menentukan batas minimal penawaran Anda. Memang, setiap pembeli akan menawarkan semurah-murah mungkin agar tidak merugi. Namun, beberapa penjual cenderung akan kesal dan tersinggung hingga berujung pada pengehentian proses tawar menawar jika pembeli tetap pada penawaran termurah tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.