All About Online

Apa Itu Internet Positif dan Cara Kerjanya

Bagi sebagian pengguna internet di Indonesia, mungkin akan sering menemui situs atau website yang akan kita kunjungi terkena internet positif. Terlebih jika anda sering mengunjungi website yang menyediakan konten tertentu yang melanggar peraturan pemerintah. Semisal konten konten software bajakan, konten rasisme, konten dewa*a, dan konten lain yang melanggar peraturan.

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai internet positif, alangkah baiknya kamu tahu dulu ya apa itu internet positif, dan sejarahnya. bagaimana cara kerjanya, dan cara menanggulanginya.

Sejarah Internet Positif

Internet positif merupakan salah satu program pemerintah republik Indonesia melalui Kominfo. Dikutip dari laman pada laman https://trustpositif.kominfo.go.id/ internet positif bertujuan untuk 3 hal berikut ini.

  1. Internet yang sehat dan aman, perlindungan dan penghematan. Internet yang aman dan sehat dengan perlindungan terhadap akses internet berdasarkan daftar informasi sehat dan terpercaya (TRUST+™ List).
  2. Perlindungan pada masyarakat terhadap nilai-nilai etika, moral, dan kaedah-kaedah yang tidak sesuai dengan citra Bangsa Indonesia.
  3. Penghematan terhadap pemborosan penggunaan akses internet (internet utilization) di Indonesia.

Dari 3 poin diatas, maka Kominfo menciptakan internet positif dalam rangka kontroling dari Kominfo dalam rangka menciptakan komunikasi menggunakan internet yang sesuai dengan kaidah dan budaya Indonesia. Jadi website website yang biasanya mempunyai konten berbau porn*grafi, kekerasan, teroris, privasi, judi, SARA ataupun konten lain yang tidak sesuai dengan norma norma yang ada di Indonesia, maka akan terkena internet positif.

Cara Kerja Internet Positif

Pada umumnya Internet Positif  mempunyai pola kerja memblokir akses domain, akses konten, maupun url website. Pada umumnya Kominfo akan memblokir url domain dari website – website yang menyajikan konten yang sudah dijelaskan diatas (konten sara, porn*grafi, software bajakan). Website-website yang teridentifikasi tidak akan bisa diakses oleh pengguna biasa, karena sebelumnya Kominfo sudah bekerjasama dengan beberapa penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia. Hal ini tertuang pada Peraturan Menteri Kominfo Nomor 19 Tahun 2014, yang harus di patuhi oleh para ISP di Indonesia tanpa terkecuali. Peraturan ini berlaku bagi para pengguna internet yang tinggal di wilayah kesatuan Republik Indonesia.

Adapun bagan skema cara kerja internet positif, berdasarkan laman resmi trust kominfo seperti gambar yang tertera dibawah ini.

Dari laman trust kominfo ini, kita misal mempunyai website yang mungkin ragu apakah website kita terkena dampak internet positif atau bukan, kita juga bisa lho ngecek sendiri dengan mengetikkan nama domain pada form yang disediakan. Selain itu anda sebagai masyarakat juga bisa juga berpartisipasi dengan melapor domain-domain yang dianggap tidak sesuai dengan kaidah yang benar ya, namun tetap semuanya membutuhkan proses dan tinjauan dari tim terlebih dahulu sebelum penentuan balcklist tidaknya suatu website.

Solusi Sederhana untuk Membuka Website yang Terdampak Internet Positif

Semisal ada situs favorit kamu yang menurut kamu mempunyai konten yang menarik, tapi terkena dampak pemblokiran. Ndak perlu terlalu dirisaukan karena ada banyak cara untuk menghilangkan internet positif, yang bisa kamu lakukan sendiri dengan perangkat smartphone maupun laptop.

Lalu bagaimana cara menghilangkan internet positif, agar kamu bisa mengakses kembali situs yang sudah terblokir internet positif? Mungkin itu yang jadi pertanyaan para pembaca ya, jadi gini sesuai dengan penejelasan singkat saya diatas. Cara kerja internet positifkan berlaku untuk area Indonesia, maka agar anda tidak terkena internet positif maka anda bisa mengakses dengan IP atau identitas dari luar wilayah Indonesia, dengan kata lain meskipun anda mengaksesnya di Indonesia, tapi di sistem tercatat IP adress kamu dari luar Indonesia.

Cara mudahnya kamu bisa memakai Proxy di browser kamu, ntah itu google chrome ataupun mozilla firefox. Serta kamu juga bisa memanfaatkan VPN untuk bisa menghilangkan internet positif, dengan begitu kamu bisa kembali mengakses situs favorit kamu.

Namun kembali lagi, fitur internet positif di ciptakan kominfo pasti dengan tujuan dan harapan yang baik, supaya generasi Indonesia bisa berselancar di Internet untuk hal-hal yang positif, sehingga harapannya generasi Indonesia menjadi generasi yang bisa diandalkan dalam hal yang positif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.