All About Online

Apa Itu Integritas dan Contohnya

,Dalam melakukan suatu hal yang sudah direncanakan dan diputuskan pelaksaannya, sikap komitmen dan berdedikasi penuh menjadi atribut yang mendasar dalam tercapainya suatu tujuan. Komitmen dan dedikasi penuh inilah cerminan dari integritas tinggi yang tertanam dalam karakter seseorang. Berbicara mengenai integritas, sebenarnya apa itu integritas ? dan bagaimana contoh integritas dalam keseharian itu? Orang  yang berintegritas akan cenderung menjadi pribadi pangayom, bisa dipercaya, baik itu dalam nilai etika bertutur kata maupun dalam nilai tindakan, metode, ukuran, prinsip, dan ekspetasi dari hal yang sedang direncanakan dan dilakukan.

Sikap utama inilah yang harus dimiliki oleh insan nasionalis, sebagai warga negara pada umumnya dan sebagai pejabat dalam pemerintahan pada khususnya yang harus memegang integritas dan prinsip kebangsaan yang mementingkan kepentingan umum bangsa. Sikap ini sangat penting untuk tercapainya tujuan nasional bangsa, maka dari itu perlu dijabarkan dengan mendalam tentang apa itu integritas dan contohnya dalam uraian berikut ini.

Pengertian Integritas

Pengertian integritas dapat dijabarkan dari beragam pendapat dan di kutip dari beberapa sumber yaitu :

  • Integritas Menurut Wikipedia

integritas adalah suatu konsep yang merujuk pada konsistensi antara tindakan dengan nilai dan prinsip. Nilai dan prinsip ini tentunya tidak lepas dari yang namanya kebenaran Oleh karena itu orang yang memiliki integritas pasti akan menjadi orang yang jujur dan menyukai keadilan.

  • Integritas Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahas Indonesia, pengertian integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Jadi, dari apa itu integritas tersebut, dapat disimpulkan pengertian integritas adalah suatu konsistensi antara tindakan dengan nilai-nilai dan prinsip kebaikan serta ucapan. Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran sikap yang merujuk padakejujuran  dan kebenaran dari tindakan seseorang.  Mudahnya, seseorang yang berintegritas ditandai oleh satunya kata dan perbuatan.

Contoh-contoh Integritas

Apa Itu Integritas dan Contohnya

Setelah mengetahui apa itu intergritas selanjutnya akan dibahas apa contoh intergritas, berikut adalah penjelasan dari sifat-sifat integritas, yang dimiliki oleh orang yang berintegritas. Contoh unsur-unsur yang terkandung dalam karakter atau sifat integritas adalah :

  • Jujur

Contoh integritas pertama adalah sifat jujur, sebuah sikap mental yang menjadi syarat atau akar dari semua sikap-sikap mental posiif lainnya. Sikap jujur adalah sikap yang menunjukkan antara perkataan dan perbuatan adalah sama

  • Amanah

Amanah adalah gabungan dari sifat kejujuran, kemampuan, konsisten, dan tanggung jawab, sehingga amanah ini menjadi persyaratan utama untuk seorang pemimpin. Pemimpin yang amanah harus cenderung bersikap konsisten terhadap apa-apa yang sudah direncanakan dan dijanjikan artinya dia juga harus menepati atau memenuhi janji-janjinya.  Amanah juga harus mengandung sifat konsisten atau tetap kukuh pada prinsip-prinsip kebenaran yang diyakini dan tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal tidak baik.

  • Adil

Kata adil berasal dari bahasa Arab yang berarti berada di tengah- tengah, jujur, lurus, dan tulus.  adil juga bermakna suatu sikap memperlakukan orang lain dengan baik tanpa membedakan dan pandang bulu, yang bebas dari diskriminasi, ketidakjujuran.

  • Konsisten

Konsisten artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI adalah tetap (tidak berubah-ubah), taat asas dan selaras atau kesesuaian antara perbuatan dengan ucapan.  Dalam bahasa lainnya konsisten dapat juga diartikan berpendirian teguh atau tidak berubah sikap oleh karena sesuatu prinsip. Namun konsisten harus juga dalam arti yang positif yaitu konsisten dalam kebenaran atau kebaikan.

  • Berani Membela yang Benar

Berani membela yang benar adalah sikap penting bagi siapa pun juga di tengah masyarakat agar kebenaran dan keadilan dapat ditegakkan secara bersama-sama. Jangan sampai ketika yang mayoritas atau yang kuat menindas yang minoritas atau yang lemah tidak ada yang berani membelanya.

  • Tanggung Jawab

Bertanggung jawab memiliki makna bahwa seorang harus mengerti betul bahwa segala yang dilakukan ada kosekuensinya maka dari itu orang tersebut harus memperjuangkan akan baik atau kurang baiknya sesuatu, dia juga harus bekerja keras bagaimana untuk memperbaiki keadaan.

  • Takut Kepada Tuhan

Setiap umat beragama wajib yakin bahwa Tuhan itu ada karena agama diturunkan oleh Tuhan agar kehidupan manusia di atas muka bumi ini berjalan aman dan teratur. Takut kepada Tuhan adalah adanya kepercayaan dan keimanan akan aturan dan firman dari Tuhan. Dengan modal kepercayaan itulah manusia akan menaati aturan Tuhan sehingga terwujud-lah keteraturan hidup antar umat manusia.

  • Loyal

Loyal atau kesetiaan adalah salah satu sifat yang juga tidak kalah penting karena untuk menanamkan rasa saling percaya dalam suatu kelembagaan atau bangsa. Loyal seharusnya lebih diutamakan kepada kepentingan yang lebih besar misalnya loyal kepada negara tidak boleh dikalahkan dengan loyal kepada seseorang.

Baca Juga : Macam-macam Permainan Bola Kecil

Loyal kepada pimpinan atau kepada raja hanya berlaku selama tujuan, dan misi dari pimpinan, atau sang raja adalah untuk kebaikan bersama, dan tidak melawan aturan hukum negara dan aturan agama. Artinya loyal lebih diutamakan kepada tujuan mulia dan kebaikan bersama.

  • Malu Hati

Rasa malu atau sungkan karena melakukan pelanggaran kepantasan atau pelanggaran kebiasaan positif yang sudah ada dan berlaku di dalam masyarakat luas, walaupun tindakan tersebut didinyalir tidak melanggar hukum.

Misalnya kebiasaan positif jika berada di sebuah acara keramaian, maka orang tersebut akan berusaha mengenakan pakaian yang rapi dan bersih. Walaupun tidak ada aturan yang mengharuskannya begitu.

Rasa malu hati atau menyesal seharusnya juga muncul ketika seseorang melakukan suatu pelanggaran hukum dan aturan yang ada. Contohnya pejabat yang melakukan korupsi, setelah tertangkap harusnya merasa malu hati atas perbuatannya dan menyesal untuk tidak melakukannya lagi

  • Rela Berkorban

Adalah sikap mau dan ikhlas mengorbankan miliknya, entah harta, uang maupun jasa atau tenaga untuk menolong orang lain.

  • Attitude (Moral dan Etika)

“Sikap atau perilaku adalah hal terpenting, untuk mencapai pemenuhan atau kelengkapan pribadi dan kesuksesan”. Begitu tulis Anthony Robbins salah seorang penulis terkemuka. Sikap hari ini akan menentukan sukses di masa depan maka ubahlah sikap Anda agar hidup juga berubah, demikian kata Keith Harrell dalam bukunya “Attitude is Everything”.

Sikap yang baik disertai moral dan etika yang baik akan membawa seseorang ke kancah lingkungan yang kondusif. Karena orang dengan perilaku baik akan selalu dapat beradaptasi dan diterima lingkungan barunya dengan tangan terbuka. Otomatis dengan lingkungan kerja yang kondusif, kesempatan kenaikan jenjang kepangkatan akan terbuka luas. Di situlah kesuksesan karir dapat diraih.

Demikian penjelasan menyeluruh tentang apa itu integritas dan contohnya. Semoga dapat memberikan penjelasan yang  gamblang dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.