All About Online

Apa Itu ASMR dan Contohnya

0

Apakah anda pernah mendengar istilah apa itu ASMR ? Mungkin di kalangan masyarakat awam, istilah ini agak terdengar asing namun dalam bidang psikologi istilah ini cukup dikenal. Pengertian Autinomous Sensory Meridian Response (ASMR) atau ASMR adalah rasa sensasi yang didapat pada saat menggunakan panca inderanya untuk melihat, mendengar atau merasakan sesuatu. Sebenarnya apa itu ASMR dan contohnya, berikut ini akan dijelaskan dengan mendalam tentang ASMR dan contoh-contohnya.

Pengertian ASMR

Istilah ASMR ini diperkenalkan  oleh seorang wanita bernama Jennifer Allen sekitar tahun 2010 melalui komunitas online, grup Facebook yang dibuatnya bagi mereka yang mempunyai kecenderungan serupa saat merasakan sensasi pada saat aktivitas pemicu ASMR ini dilakukan.

Banyak perdebatan muncul tentang ASMR ini, dikarenakan adanya pendapat yang saling berseberangan mengenai tujuan penggunaan ASMR ini. Aktivitas ini diduga oleh kubu yang  tidak setuju karena cenderung untuk kepentingan orang dewasa yang berujung pada solusi perilaku biologis untuk orang dewasa tersebut. Namun pihak yang mendukung dan setuju beranggapan hal ini tidak hanya berkutat dalam kepentingan biologis orang dewasa.

Karena semakin berkembangnya ASMR ini, maka dilakukan pula beberapa penelitian tentang sensasi yang didapat dalam aktifitas ASMR ini. Sebuah studi secara detil menerangkan tentang sensasi yang didapat oleh penerima ASMR ini. Sensasi ini disebut head tingles yang artinya kepala yang tergelitik atau kesemutan. Jadi simpelnya ASMR adalah sensasi yang dirasakan seperti hangat, kesemutan, dan menyenangkan. Sensasi tersebut biasanya bermula dari ujung kepala dan akan menyebar ke seluruh tubuh dengan disertai perasaan tenang dan rileks.

Gambarannya adalah bila seseorang mengunyak kerupuk, atau memakan buah yang renyah seperti mentimun atau gorengan yang renyah, maka bunyi kriuk dari hasil pengunyahan tersebut menimbulkan suara. Dari sinilah, suara tersebut diteliti, yang ternyata bila didengar dengan teratur bisa memberikan rasa tenang dan nyaman bagi pendengarnya. Beberapa penelitian menuliskan bahwa ASMR ternyata mempengaruhi beberapa bagian tubuh lainnya pula, semisalnya otak dan detak jantung.

Contoh ASMR

Berikut ini adalah beberapa contoh ASMR, dalam beberapa masalah yang mungkin bisa anda pahami lebih detail.

Apa Itu ASMR dan Contohnya

  • Mengunyah makanan

Saat seseorang melihat tayangan ASMR, beberapa ada tampilan video orang sedang makan beberapa jenis makanan yang bila dikunyah menimbulkan suara. Contoh jenis makanannya seperti kripik, biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan makanan lain yang suaranya dapat terdengar saat dikunyah.

  • Bisikan

Suara bisikan juga masuk dalam kategori suara yang menimbulkan ASMR yang bisa membuat sensasi  geli, senang atau merinding.

  • Ketukan

Suara ketukan bisa menimbulkan sensasi yang menenangkan bila dilakukan dengan teratur. Walaupun ada juga sebagian orang tidak setuju bahkan merasa terganggu, namun tipe suara ini juga bisa membantu seseorang untuk relaks dan mudah untuk terlelap.

  • Garukan

Garukan antara kuku dan permukaan yang keras juga bisa dikategorikan dalam ASMR. Suara yang dihasilkan tergantung peminatnya ada yang  berirama cepat ada pula yang berirama lambat dan lembut.

  • Suara pekerjaan

Percaya atau tidak, suara yang memperdengarkan suasana kerja dapat memicu ASMR. Sebagian orang beranggapan suara semacam ini membuat pikiran tenang, relaks dan menghilangkan rasa kesepian.

  • Tiupan

Suara tiupan ini dapat juga memicu ASMR, bisa didengar melalui tape atau nada bisa juga melalui langsung dari seseorang. Bila mendengarkan tiupan dari seseorang tergantung dari jarak pendengarnya dan sumber suara. Namun tiupan dari seseorang sudah bersifat personal jadi perlu kewaspadaan dengan siapa seseorang mendapatkan tiupan ini.

  • Melihat pemandangan yang indah

Untuk sekedar tambahan pengetahuan saja bahwa sebenarnya ASMR tidak hanya berkenaan dengan suara saja namun juga bisa dengan indera penglihatan atau pemandangan. Tidak berbeda jauh dari mendengar suara tertentu, melihat hal yang indah dan mengagumkan menimbulkan sensasi ASMR juga.

Sensasi yang dirasakan saat mengalami respons ASMR tidak hanya bersifat menenangkan saja namun juga untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat menurunkan detak jantung. Penelitian mengenai pengaruh ASMR telah dilakukan oleh beberapa pihak, di antaranya para peneliti dari Departemen Psikologi Universitas Sheffield. Percobaan mereka lakukan dengan mengelompokkan dua peserta, yaitu peserta yang tidak menonton video ASMR dan yang menonton video ASMR.

Pada penelitian tersebut, para peneliti mendapatkan hasil yang berbeda dari dua grup tersebut, Pada grup yang mengalami repons ASMR, mengalami penurunan detak jantung dan peningkatan emosi positif, seperti relaksasi dan perasaan hubungan sosial. Sedangkan pada peserta yang tidak mengalami respons ASMR, peneliti tidak menemukan adanya perubahan tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Integritas dan Contohnya

Dari hasil studi ini, dapat disimpulkan bahwa video bertema ASMR punya efek psikologis yang sama seperti teknik pengurangan stres, yang dihasilkan dari musik.

Perasaan tenang saat mendengarkan suara yang memicu respons ASMR ini ternyata berhubungan dengan amigdala, yaitu bagian otak yang bertugas mengolah emosi.  Ketika seseroang sering berteriak dan marah, maka hal tersebut akan bisa berpengaruh pada perubahan pikiran, otak, dan tubuh, termasuk meningkatkan aktivitas amigdala, di mana hormon ini bersifat meningkatkan stres dalam aliran darah, serta meningkatkan ketegangan otot.

Demikianlah penjelasan singkat dan cukup mendalam mengenai apa itu ASMR dan contohnya. Hal ini patut dicoba untuk anda yang mulai mengalami ketegangan, gangguan tidur, dan cenderung mudah stress. Karena mendengarkan suara dari video ASMR akan membuat perasaan seseorang lebih tenang, relaks, dan bahkan bahagia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.