Android Cepat Panas

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Android Cepat Panas Ponsel dengan sistem operasi android saat ini memang merupakan yang paling populer dikalangan masyarakat baik muda maupun tua. Beragam merek dan tipe android telah banyak tersedia baik dengan harga menengah ke bawah atau menengah ke atas. Penggunaannya pun beragam mulai untuk urusan bisnis, internet hingga bermain game.

Ponsel android memang tergolong lengkap dari segi aplikasi telah tersedia di dalamnya, hal inilah yang membuat penggunaannya semakin laris manis dikalangan masyarakat. Namun terkadang kita menemui kendala yang tidak biasa jika kita gunakan, salah satunya yaitu HP android yang mudah panas. Lalu apa penyebab HP android cepat panas? Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi HP android yang cepat panas :

1. Banyaknya Debu atau Kotoran yang Menempel

Sering tidak disadari oleh pengguna android ketika debu menempel di dalam HP yang membuat lubang-lubang kecil tempat keluar masuknya angin tersumbat, inilah salah satu penyebab HP android anda cepat panas. Solusi untuk mengatasi HP android yang cepat panas karena debu yang menempel yaitu dengan cara pembersihan debu tersebut.

Jika di rasa tidak dapat membersihkan debu sendiri karena takut ada kerusakan anda dapat meminta bantuan service HP di tempat terdekat yang mudah dijangkau. Jika anda hanya ingin membersihkan debu di tempat servis HP sebaiknya ditunggu saja karena tidak memakan waktu lama.

2. Kapasitas HP Android Sudah Terlalu Penuh

Penggunaan aplikasi android yang terlalu berlebihkan selain mengurangi kecepatan kinerja HP anda juga dapat membuat HP android cepat panas. Cara mengatasi permasalahan karena kapasitas berlebih semacam ini adalah dengan cara mengurangi aplikasi yang tidak begitu penting dan tidak dibutuhkan lagi.

3. Sinyal atau Jaringan Android Anda Kurang Baik

Penyebab HP android cepat panas yang ketiga adalah karena sinyal kurang baik sehingga HP bekerja lebih ekstra untuk mencari sinyal dan ini berdampak pada kondisi HP anda yang cepat panas. Tidak hanya cepat panas ketika sinyal kurang baik baterai android anda juga akan cepat habis.

Solusi mengatasi android yang cepat panas karena sinyal adalah matikan sinyal data anda atau bisa menurunkannya ke level yang lebih rendah, misal HP android anda mendukung jaringan 3G atau 4G maka sebaiknya ganti terlebih dulu ke EDGE jika kedua jaringan tersebut tidak ada. Cara ini akan mengurangi panas pada andorid anda secara berlebihan.

4. Baterai Android Sudah Tidak Normal

Baterai android yang sudah tidak normal lagi dapat kita ketahui dari cepat habisnya daya baterai. Ketika baterai android anda telah menunjukkan gejala cepat habis padahal penggunaannya tidak terlalu lama maka sudah bisa diperkirakan bahwa kondisi baterai sudah tidak lagi normal.

Namun anda juga perlu mengecek terlebih dahulu apakah banyak aplikasi yang berjalan tanpa kita sadari karena hal ini juga dapat menyebabkan baterai android bisa cepat habis. Jika penyebab utama tidak ada kaitannya dengan penggunaan aplikasi maka sebaiknya anda mengganti baterai tersebut dengan baterai baru yang asli.

5. Penggunaan Charger HP yang Tidak Sesuai

Sering kita mengabaikan hal kecil semacam ini, menggunakan charger HP asal-asalan artinya kapasitas keluar masuknya arus tidak sesuai dengan voltage namun anda tetap memaksakannya. Jika anda terlalu sering melakukan hal ini tidak hanya HP android anda yang cepat panas namun lama kelamaan tidak menutup kemungkinan mesin HP android anda juga akan mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada android anda sebaiknya gunakan charger HP bawaan dari android anda.

6. Kerusakan Pada Komponen Android

Jika penyebab utama HP android cepat panas dikarenakan adanya kerusakan pada komponen yang ada di dalamnya maka sebaiknya anda segera melakukan service ke tempat resminya, hal ini membuat garansi HP anda akan tetap ada dan bisa dipastikan pengerjaannya juga tidak sembarangan karena di tangani oleh ahlinya.

Untuk sementara ini saja yang bisa yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP android cepat panas, jika masih ada tambahan mohon ditambahkan melalui kolom komentar yang tersedia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan anda, terima kasih.